Thursday 27 February 2014

Unnes Luluskan Angkatan Pertama Sarjana Pendidikan Bergelar Gr

SEKITARUNNES.COM, SEMARANG - Mengacu pada Permendikbud No 87 tahun 2013 tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyematkan gelar Gr (Guru) pada lulusan sarjana pendidikan di upacara Wisuda Periode I 2014, Rabu (26/2), di kampus Unnes Sekaran.
Para lulusan tersebut telah melalui proses pendidikan profesi guru (PPG) dan mengabdi sebagai Sarjana Mendidik di Daerah Terluar Tertinggal dan Terdepan (SM3T).
Disamping melalui proses pengabdian SM3T dan PPG, lulusan yang mengikuti proses wisuda dan mendapat tambahan gelar Gr adalah para peserta PPG Terapan atau Kolaboratif. Adapun jumlah wisudawan bergelar Gr sebanyak 294 orang yang terdiri dari, 286 wisudawan SM3T-PPG dan 8 wisudawan PPG Terapan/Kolaboratif.
Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, lulusan sarjana pendidikan yang bergelar Gr ini merupakan hasil dari program PPG angkatan pertama. Sehingga ini merupakan pertama kalinya Unnes meluluskan calon guru dengan gelar Gr.
"Para lulusan ini secara pendidikan telah mapan karena sudah mendapat bekal teori ataupun pengalaman pengabdian. Mereka pun merupakan guru profesional sama halnya dengan guru sertifikasi, hanya saja saat ini belum memiliki medan pengabdian di sekolah," ungkapnya.
Saat ini selain sudah meluluskan angkatan pertama bergelar Gr, mahasiswa kependidikan Unnes lainnya juga tengah melaksanakan SM3T dan PPG. "Yang sudah selesai SM3T dan akan memulai PPG ada 216 mahasiswa. Sedangkan yang masih mengabdi SM3T ada 235 mahasiswa," kata Kepala Pusat PPG-SM3T Unnes.
Harapannya, lanjut dia, para lulusan SM3T-PPG yang sudah bergelar Gr ini dapat kembali ke tempat pengabdian SM3T di enam kabupaten Ende, Aceh Besar, Landak, Manggarai, dan lainnya. Sebab disana sangat membutuhkan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Adapun pada kesempatan tersebut Unnes secara keseluruhan meluluskan 1.452 wisudawan yang terdiri, sembilan doktor, 130 magister, 294 PPG, 1.002 sarjana, dan 17 Diploma III.

1 comment: