Tuesday 25 February 2014

Jalan Kaki, Terapi Murah Untuk jantung

SEKITARUNNES.COM, SEMARANG - Jantung merupakan organ paling vital dalam tubuh untuk kehidupan kita. Perubahan gaya hidup dan pola hidup yang semakin tak menentu sangat mempengaruhi kesehatan jantung kita. Banyak cara dilakukan untuk membuat jantung tetap sehat. Selain memperhatikan pola makan,  olahraga juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi segala resiko penyakit yang kemungkinan menyerang jantung. Jalan kaki misalnya, tak perlu dilakukan setiap hari, cukup lima kali seminggu selama setengah jam ternyata dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi obesitas, diabetes, osteoporosis, kanker usus besar dan menurunkan resiko penyakit jantung sampai 50%.

Selain itu cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahaya bagi kesehatan seperti merokok, minum minuman beralkohol atau makanan berkolesterol tinggi. Cara terbaik mencegah keadaan seperti itu adalah mendorong aktivitas yang mudah dilakukan seperti jalan kaki. Jalan kaki adalah olahrga fisik murah yang dapat dilakukan setiap saat dan baik bagi kesehatan.

Meningkatkan aktivitas fisik bukan berarti anda harus datang ke tempat-tempat fitnes atau berolahraga di sebuah tempat senam,  namun aktivitas seperti jalan kaki, menggunakan tangga dibidang lift atau berkebun itu jauh lebih baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi tetap perlu diingat meskipun olahraga  baik untuk kesehatan kita,  namun bila terlalu berat dan melebihi batas kekuatan tubuh dan atau juga kurang, olahraga justru akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan kita.

Batas-batas kekuatan tubuh dapat dilihat dari detak jantung selama berolahraga. Ada baiknya anda memonitor detak jantung saat berolaraga, hal ini akan membuat latihan anda lebih aman dan lebih efektif.

Sumber: KlikDokter.Com

No comments:

Post a Comment