Sunday 9 February 2014

Minat Mahasiswa Ikut Menwa, Minim


SEKITARUNNES.COM, SEMARANG - Minat mahasiswa bergabung kegiatan resimen mahasiswa (Menwa) di kampus semakin minim. Hal itu menimbulkan keprihatinan Pembantu Rektor Undip Warsito saat menjadi pembicara Seminar Nasional "Prospek Indonesia dalam Konstelasi Politik dan Militer Internasional" yang diselenggarakan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Jateng, di FISIP Undip Sabtu (8/2).

"Padahal, banyak manfaat positif dengan berkiprah di Menwa. Mahasiswa bisa belajar mengenai kepribadian, bela negara, juga memupuk rasa cinta NKRI," tutur Warsito kemarin.

Hadir Waaster Kodam IV/ Diponegoro Letkol Inf Narliansyah, Rektor Unissula Anis Malik Thoha PhD, juga moderator acara Redaktur Pelaksana Harian Umum Suara Merdeka Triyanto Triwikromo.

Diakui, mahasiswa Undip yang tertarik masuk UKM ini bahkan jumlahnya kurang dari seratus orang. Jumlah tersebut relatif kecil dibanding total mahasiswa yang mencapai 35.000 orang. Warsito mengaku mendorong bila mahasiswa berkeinginan bergabung di Menwa Mahadipa Undip. Menwa yang dalam kegiatannya melibatkan TNI, sekaligus upaya membantu pendidikan karakter.

Bangsa Indonesia butuh memperbanyak generasi muda yang memiliki karakter kuat ditengah krisis jati diri yang menerpa sebagian kalangan. Waaster Kodam IV/ Diponegoro Letkol Inf Narliansyah, mengapresiasi penuh upaya kampus dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan mahasiswa.

Meski TNI tidak boleh memberikan intervensi dalam kegiatan di kampus namun setiap upaya memupuk rasa cinta NKRI pasti akan didukung.  Memupuk kecintaan mahasiswa terhadap tanah tumpah darah juga menghindari kemungkinan perpecahan bangsa. Mahasiswa bisa  menjadi semacam perekat bersama dengan elemen lain, untuk terus mempersatukan negara ini.

Rektor Unissula Anis Malik Thoha yang menjadi tamu kehormatan mengaku masih banyak yang harus dilakukan bangsa Indonesia untuk memupuk semangat nasionalisme.  Pria yang belasan tahun mukim di Kuala Lumpur dan Pakistan itu juga sepakat, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945, merupakan komitmen final untuk mewujudkan diri sebagai bangsa besar dalam kerangka NKRI.

Sumber: SuaraMerdeka.Com

No comments:

Post a Comment