Thursday 14 November 2019

UNNES Tambah Tiga Profesor

Universitas Negeri Semarang (UNNES), Kamis (14/11) bertambah tiga Profesor baru, Pengukuhan oleh Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum di Auditorium kampus Sekaran Gunungpati.

Mereka adalah Profesor Dr Eva Banowati MSi sebagai Profesor/Guru Besar dalam bidang Ilmu Geografi Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Profesor Dr Murbangun Nuswowati MSi sebagai Profesor/Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Profesor Dr Ir Dyah Rini Indriyati MP sebagai Profesor/Guru Besar dalam bidang Entomologi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dalam pidato pengukuhan “Sinergi Partisipasi dalam Realisasi Ketahanan Pangan dan Pengentasan Kemiskinan”, Eva Banowati menyebut permasalahan pangan dan kemiskinan antara lain disebabkan karena tingginya pertumbuhan penduduk, berkurangnya luasan lahan pertanian, kemampuan lahan menurun dan anomali cuaca.

Eva Banowati berharap pemanfaatan lahan secara optimal bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Murbangun Nuswowati dalam pidato pengukuhan “Mengembangkan Kreativitas Dan Literasi Lingkungan Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah”, menyatakan fenomena disrupsi telah mengubah tatanan hidup dan kerja manusia secara fundamental.

Rovolusi Industri 4.0 telah mengubah cara pandang tentang pendidikan. Oleh karena itu, perlu diadakan reorientasi kurikulum pada pendidikan tinggi diantaranya dapat dilakukan dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik dan berbagai alternatif model pembelajaran aktif.

Sedangkan, Dyah Rini Indriyati “Agensia Hayati Pengendali Serangga Hama Yang Ramah Lingkungan”, kebutuhan beras yang meningkat mendorong pemerintah menganjurkan kepada petani untuk melakukan pemberantasan hama wereng. Hama dapat dikendalikan dengan organisme agensia hayati antara lain berupa parasit, predator, cendawa parasit serangga, dan virus hongga bakteri.

Prof Fathur Rokhman dalam sambutannya menekankan tiga peran pokok Profesor yaitu mencapai visi Universitas, membangun atmosfer akademik, dan mengembangkan keilmuan secara terencana serta sistematis.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment