Friday 29 November 2019

Mendeley Dekstop Bantu Atasi Hambatan Penyusunan Karya Ilmiah Mahasiswa

Kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyusun referensi karya ilmiah. Karena terkadang ada yang terlewat atau harus menulis satu persatu dalam menulis referensi sehingga dapat menghambat penulisan karya ilmiah.

hal itu dikatan Diaz Haryokusumo SE MSc (Yogyakarta) saat menjadi nara sumber pada Workshop dengan tema “Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Mendeley Dekstop”, Rabu (20/11) di Aula Fakultas Rkonomi Universitas Negeri Semarang (FE UNNES) Sekaran Gunungpati.

Kegiatan diselenggarakan Jurusan Manajemen dihadiri 200 mahasiswa lebih dibuka ketua Jurusan Dorojatun Prihandono SE MM PhD.

Diaz Haryokusumo mengatakan, untuk mengatasi kesulitan itu mahasiswa dapat mengunakan aplikasi ‘Mendeley’.

Aplikasi ‘Mendeley’ ini dapat memudahkan dalam penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah diantaranya tugas makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, dan Jurnal Ilmiah, terangnya.

Diaz Haryokusumo menjelaskan, Mendeley ini dapat digunakan sebagai sumber referensi riset, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis dalam penyusunan daftar pustaka.

Dalam pelatihan ini, Diaz Haryokusumo membimbing peserta secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunkan Mendeley.

Harapannya, para peserta bisa lebih mudah ketika melakukan penulisan karya ilmiah dengan memanfaatkan teknologi pengelolaan referensi ini.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment