Wednesday 13 November 2019

Inovasi IT Perpustakaan Rumah Ilmu UNNES

Inovasi IT perpustaakan Unnes mengembangkan pelayanan berbasi RFID (Radio Frequency Identification). RFID adalah sebuah teknologi yang menggunakan komunikasi via gelombang elektromagnetik untuk merubah data antara terminal dengan suatu objek seperti produk barang seperti buku-buku + 0dengan tujuan untuk identifikasi dan penelusuran jejak melalui penggunaan suatu piranti yang bernama RFID tag.

M. Z. Eko Handoyo memaparkan Sistem IT perpustakaan Unnes akan dikembangakn lebih maju untuk mempermudah pengunjung untuk menikmati pelayanan. Sistem yang akan dikembangkan yaitu berbasis RFID atau pelayanan mandiri oleh mahasiswa. Sistem ini akan memudahkan mahasiswa untuk menulusuri buku-buku yang ada di perpustakaan, bisa mendeteksi buku-buku yang sudah dipinjam atau belum, dan ketika mahasiswa mengembalikan buku secara otomatis akan di-update di sistem RFID.
Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum beserta Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt hadir jamuan minum teh bersama sekaligus pemaparan Inovasi IT Perpusatakaan Unnes (Rumah Ilmu) oleh Mokhamad Zakaria Eko Handoyo Kepala UPT, di Gedung Perpustakaan Unnes, Sekaran Gunungpati, Rabu (13/11).

Dalam kesempatan kali ini, Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengarahkan kepada untuk semua pagawai yang ada di Rumah Ilmu menumbuhkan budaya melayani dengan sepenuh hati, ikhlas dan senang hati, karena Rumah Ilmu ini dibangun dari masyarakat. Standar pelayanan perpustakaan harus distandarkan dengan akreditasi universitas.

Unnes berencana menciptakan smartcampus dengan IT, salah satunya Rumah Ilmu (Perpustakaan Unnes) yang akan mengembangkan visi Unnes berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment