Wednesday 20 November 2019

Rektor UNNES: Tiga Kunci Untuk Jadi Orang Sukses

Ada tiga kunci untuk menjadi orang sukses yakni bersyukur, jangan pernah menyerah, dan teruslah belajar.

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan itu saat memberi sambutan Wisuda Ke- 100 UNNES. Wisuda Program Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma sebanyak 904 orang, Selasa (19/11/2019) di auditorium Sekaran Gunungpati.

Kita harus menyukuri apa yang ada karena hidup adalah anugerah, kemudian jangan pernah menyerah karena kedepannya akan banyak tantangan, dimana sering orang putus asa. Ketika putus asa maka kesuksesan tidak akan bisa diraih. Untuk itu teruslah mencoba. Kemudian, teruslah belajar karena ilmu itu memuliakan.

Prof Fathur juga mengemukakan, tantangan di era revolusi industri 4.0 lebih berat dan itu semua dibutuhkan ketrampilan serta literasi baru.

“Teruskan dan kembangkan literasi yang sudah ada dalam bidang keilmuan masing masing,” kata Prof Fathur.

Selain literasi keilmuan, kemudian literasi data yaitu bagaimana membaca data bagaimana kita memproduksi data, bagaimana menafsirkan data baru di era disrupsi ini, kalau tidak mampu membaca data bisa gagal.

Selanjutnya, literasi teknologi yaitu bagaimana kita mampu memanfaatkan teknologi dengan baik dalam berbagai situasi dan kondisi, dan yang terakhir adalah literasi kemanusiaan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, komunikasi, dan kepemimpinan untuk menumbuhkan jiwa mandiri dan kepekaan sosial.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment