Monday 25 November 2019

Maksimalkan Potensi Desa, Mahasiswa KKN UNNES Latih Warga Dlisen Buat Gejasen dan Sujasen

Untuk mendukung percepatan Perekonomian Desa Dlisen yang mandiri, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi 2B Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Dusun Dlisen, Desa Dlisen, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang mengadakan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Kuliner Berbahan Dasar Jagung, baru-baru ini.

Koordinator Mahasiswa KKN Desa Dlisen, Sigit Eka Pramono melaporkan bahwa di Desa Dlisen ini memiliki potensi jagung yang sangat melimpah. Akan tetapi, pendayagunaan jagung belum optimal dan kurang variatif, disebabkan terbatasnya aksesbilitas ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kompetensi sumber daya manusia yang belum mampu mengolah jagung yang tersedia melimpah.

Hal tersebut menjadi latar belakang bagi Tim KKN Lokasi 2B UNNES menyelenggarakan kegiatan pelatihan Diversifikasi produk olahan kuliner berbahan dasar jagung bagi ibu-ibu PKK Desa Dlisen yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Dlisen.

Tim KKN UNNES Desa Dlisen membuat produk inovasi Nugget Jagung Dlisen (Gejasen) dan Susu Jagung Dlisen (Sujasen).

Melalui arahan dan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Dr Dewi Sulistianingsih SH MH, Kepala Desa Dlisen Nurhadi SPd, dan Ketua ibu-ibu PKK Siti Zumrotun SPd Tim KKN mengundang 30 ibu-ibu kader PKK aktif dari empat dusun yang ada di Desa Dlisen.

Pelatihan bertujuan untuk memberikan keterampilan diversifikasi produk olahan jagung menjadi produk yang sehat dan bernilai jual tinggi.
Setelah pelatihan, diharapkan warga desa Dlisen mampu membuat inovasi olahan jagung yang bernilai jual dan mampu memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Yusroful salah satu perangkat desa Dlisen menyampaikan, memang selama ini Desa Dlisen menjadi penghasil jagung yang cukup melimpah, namun belum maksimal dalam pengolahan dan pemasarannya.

Dengan pelatihan yang dipelopori oleh mahasiswa UNNES ini, diharapkan akan menjadi titik awal warga Desa Dlisen untuk menghasilkan produk olahan jagung yang bernilai ekonomis dan mampu mendongkrak pendapatan rumah tangga serta mendukung percepatan perekonomian Desa Dlisen yang mandiri.

Sofiatun, salah satu kader ibu-ibu PKK dusun Gunung Tumpeng mengapresiasi kegiatan ini dan merasa bangga dapat bekerja sama dengan mahasiswa KKN UNNES dalam memajukan desa Dlisen.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment