Monday 25 November 2019

Menuju Visi Indonesia 2045, Unnes berakselerasi meningkatkan kualitas LPTK

Rektor Unnes Prof Dr Fathurrokhman beserta para Dekan dan Jajar pimpinan Universitas mengadakan kegiatan FGD dengan tema Sinkronisasi kebijakan pengembangan Universitas dalam upaya pengembangan keunggulan LPTK di Student lounge gedung Prof Satmoko LP3,senin (25/11).

Acara dengan pembicara tunggal Dr Subandi Sardjoko yang merupakan Deputi Menteri PPN Bappenas Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bapennas membahas tentang peningkatan kualitas LPTK yang salah satunya adalah UNNES.

Dalam paparannya beliau menyampaikan Indonesia di tahun 2045 mempunyai visi menjadi negera dengan ekonomi terbesar ke Lima di dunia. Artinya pendapatan perkapita indonesia di tahun 2045 adalah USD 23.199 dari angka perkapita indonesia tahun 2017 USD 3.877, naik lebih dari USD 20.000. prasarat utama tersebut adalah adanya SDM yang berkualitas,produktif dan menguasai teknologi.

Ditambahkan oleh subandi terdapat penghambat utama dalam pencapaian target tersebut yaitu Sumber daya Manusia. Tingkat partisipasi sekolah di Indonesia tinggi namun kualitas pendidikan masih sangat rendah. Sebagai perbandingan keahlian tenaga kerja lulusan pendidikan tinggi di indonesia setara keahlian tenaga kerja lulusan SMA kebawah di negera Denmark.

Unnes sebagai salah satu LPTK dituntut untuk mempunyai kekhususan dalam membentuk lulusannya. Dengan latar belakang sebagai kampus penghasil para guru maka dikuatkan bidang teacing university tersebut. Hal ini semakin menguatkan diferensiasi masing masing perguruan tinggi yaitu sebagai research university atau teaching university atau juga vacational university.

Sementara itu Rektor Unnes Prof Dr Fathurrokhman menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran pak deputi dan dalam sambutannya beliau menyampaikan visi misi Unnes yang sudah terlaksana dan masih berproses dan siap untuk berkolaborasi menjalankan arahan presiden dan kementerian salah satunya adalah membangun SDM Pekerja keras yang dinamis,produktif,terampil,menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi didukung dengan kerjasama industri dan talenta global. Di akhir sambutan beliau juga mengucapkan selamat hari Guru Nasional 25 November 2019, mari kita muliakan guru – guru kita.h7


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment