Tuesday 4 February 2020

Atasi Penyalahgunaan Gawai Pada Anak, Mahasiswa KKN Unnes adakan Program Pensil

Mahasiswa KKN Unnes Tahun 2020 mengadakan program sosialisasi Pensil (Pendekatan dan Konseling) penyalahgunaan gawai yang bertujuan mencegah efek negatif dari penggunaan gawai  di kalangan anak-anak. Acara ini bertemakan Peran Orang Tua Terhadap Penggunaan Gawai pada Anak-Anak. Dan  diselenggarakan  di aula Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. sabtu (1/2)

Acara ini mendatangkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Tegoeh Tri Adijanto selaku Kepala Bidang Perlindungan Hak Anak (PHA) Kota Semarang. Dalam paparanya menyampaikan bagaimana cara menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anak. Orang tua harus mampu menuntun, mengarahkan, dan membimbing anak bukan menjadi orang tua yang memarah-marahi ketika anak melakukan kesalahan ucap  Tegoeh. Materi tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik, bagaimana menjadi ibu yang baik juga untuk keluarganya. hal ini mempengaruhi cara orang tua dalam memberikan perhatian dan pengawasan terhadap anak imbuhnya.

Kegiatan ini berhasil menarik antusiasme masyarakat Kelurahan Jatirejo. Peserta dalam acara ini adalah ibu-ibu, remaja, hingga anak-anak yang berasal dari berbagai Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Jatirejo. Kati salah satu peserta PENSIL menyampaikan ,Acaranya bagus sekali, karena dengan adanya acara ini kami para orang tua dibekali banyak pengetahuan tentang pola asuh anak dan penggunaan gawai.

Syifak, Ketua Pelaksana Program menyampaikan pentingnya Pencegahan penyalahgunaan gawai pada anak dapat diupayakan salah satunya dengan melakukan pendekatan terhadap orang tua. Pendekatan dan konseling terhadap orang tua sangat penting untuk dilaksanakan, karena pada dasarnya pengawasan terbesar anak-anak adalah berada di tangan orang tua,

Acara ini sangat diapresiasi penuh oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Kelurahan Jatirejo, Bapak Bambang Haryanto karena dianggap sosialisasi ini tepat diselenggarakan di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment