Monday 27 May 2019

Titin Peroleh PhD Bidang Exercise Physiology di Chinese Culture University

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Sri Sumartiningsih SSi MKes berhasil mengikuti ujian (final defense) untuk mendapatkan gelar PhD di bidang Exercise Physiology. Sri Sumartiningsing yang akrab dipanggil Titin mampu mempertahankan karyanya yang  berjudul Comparison Acute Exercise Induced Cardio Respiratory Responses and Exercise Performance Following E-Cigarettes and Tobacco Cigarettesm pada para penguji di Graduate Institute of Sports Coaching Science, Chinese Culture University, Jumat, 24/5.

Sri Sumartiningsing mendapat bimbingan lansung dari promotor Lin Jung Charnge seorang  salah satu pendiri Exercise Physiology di Taiwan. Titin  mampu mempertahankan karnya di hadapan pengujinya yang terdiri atas Professor Hsin Fu Lin dari NTU, Professor Yu Chi Kuo dari National Taiwan Health and Nursing Science, Professor Cheng dari National Taiwan Normal University dan Professor Wu Yu Chien dari Chinese Culture University.

Dari hasil penelitian Sri Sumartiningsing menyimpulkan bahwa perokok yang merokok cigarettes menaikkan denyut jantung dan tekanan darah diastolik secara cepat setelah merokok 3 mg nikotine dibandingkan menggunakan rokok electronic tanpa nicotine.

“Prosentase saturasi oxygen saat merokok tembakau juga lebih rendah serta laju puncak ekspirasinya. Pada saat olahraga setelah merokok tembakau menurunkan exercise performance pada Prediksi VO2 max dan Time To exhaustion dari pada saat merokok menggunakan vapors baik tanpa nicotine maupun dengan 3 mg nicotine. Sebaiknya perokok mulai berusaha menghentikan kebiasaan rokoknya karena tidak baik untuk kesehatan cardiorespiratory system dan exercise performance,” Kata Sri Sumartiningsing.

Menurut Dekan FIK Prof Tandiyo Rahayu yang hadir saat ujian,  sebelumnya Sri Sumartiningsing  yang akrap dipanggil Titin telah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti International Sports Academy NIFISA di Kanoya Kagoshima Jepang bersama 13 peserta lain dari 12 negara Di dunia. Di academy tersebut Titin digembleng pembekalan tentang exercise performance analysis, sports nutrition and sports psychology dari 28 February sampai 9 maret 2019.

“Kesempatan lain pada  tanggal 27-28 maret 2019 Titin juga mendapatkan penghargaan Young educator awards dari FAOPS teaching satellite program di Kobe Jepang. Melalui pengalamannya saya berharap Titin dapat memperkuat keilmuan di FIK UNNES,” imbuh Prof Tandiyo.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment