Wednesday 1 May 2019

Fakultas Teknik Sukses Selenggarakan VEIC, CEES dan Gelar Karya Mahasiswa.

Gebyar Teknik Terpadu Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang sukses mengadakan berbagai kegiatan akademik dan gelar karya mahasiswa. Konferensi internasional bertajuk The 1st Vocational Education International Conference (VEIC) dan Civil Engineering and Environmental Symposium (CEES) merupakan kegiatan akademik yang sukses di gelar oleh  Fakuktas Teknik. VEIC berlangsung  Selasa (30/4) sedangkan CEES berlangsung Rabu (1/5). Dua Kegiatan tersebut berlangsung di  Ruang Prof Soedartono Gedung Dekanat Fakultas Teknik UNNES.

Hadir  tiga keynote speaker VEIC  Prof Dr Kongkiti Phusavat (Kasetsart University), Prof Ramlee Mustapha (Sultan Idris Education University), dan Dr Dadang Hidayat Martawijaya MPd (Association of Indonesian Vocational Educators). Kegiatan yang dibuka oleh  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Abdurrahman  M.Pd ini dihadiri oleh segenap unsur pimpinan, pengelola fakultas, pengelola jurusan, para pemakalah dan peserta VEIC 2019.

Pelaksanaan VEIC 2019 mendapat dukungan langsung oleh Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI). Hasil penelitian dari para pemakalah diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan vokasi Indonesia di kancah dunia.

Selesai VEIC, Fakultas Teknik menyelenggarakan Civil Engineering and Environmental Symposium (CEES) yang menjadi agenda tahunan Badan Musyawarah Pendidikan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) komisariat daerah tiga yang meliputi Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2019 Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan  CEES, Rabu 1/5.

Peningkatan Kualitas Riset untuk Menunjang Perkembangan Infrastruktur di Indonesia  menjadi tema dalam CEES kali ini.  Kegiatan ini dihadiri  para dekan, dosen,  dan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dari perguruan tinggi di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sela-sela kegiatan CEES diadakan pertemuan  dekan-dekan Fakultas Teknik dari Perguruan Tinggi di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertemuan mendiskusikan kerja sama untuk memaksimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan Fakultas Teknik UNNES, Dr Nur Qudus MT IPM mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan bagi Fakultas Teknik UNNES guna menjadi tuan rumah CEES 2019. Harapannya, langkah kerja sama yang akan dilakukan kedepannya dapat memberikan manfaat khususnya dalam hal luaran pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebelum kegiatan VEIC dan CEES, Fakultas Teknik UNNES telah sukses menyelenggarakan  Gelar Karya  mahasiswa, Senin 29/1.  Kegiatan ini sebagai unjuk kerja mata kuliah yang sedang diambil oleh mahasiswa baik Prodi Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Kecantikan, Pendidikan Tata Busana maupun Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Gelar Karya mengambil tema Pesona Biota Laut Indonesia dalam Semangat Cipta Rasa Karsa.  Tema ini menginterprestasikan pesona biota laut Indonesia sebagai sumber ide dan bahan baku ke dalam karya busana pesta (ivening dress). Kreatifitas body painting melalui fashion show dan pameran makanan beku, kering, dan siap saji yang disuguhkan menyedot perhatian pengunjung.

Dekan Fakultas Teknik Dr Nur Qudus MT IPM  dalam kegiatan gelar karya ini mengatakan, warna-warni kreatifitas dalam  Gelar Kaya menjadi salah satu bukti akan kekayaan laut Indonesia yang patut dibanggakan dikancah internasional.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment