Sunday 26 May 2019

Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES Telah Dibuka

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) merupakan  seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang melalui  Ujian Berbasis Komputer (UBK) atau Ujian Berbasis Cetak (UBC) dan/ atau ujian keterampilan seni/ olahraga. Pendaftaran sistem online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id. Calon peserta dapat memilih salah satu kelompok program studi: Sains dan Teknologi (Saintek) atau Sosial dan Humaniora (Soshum). Informasi tentang Seleksi Mandiri UNNES dapat dilihat melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id

Syarat umum pendaftaran UNNES 2019 yaitu lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019, 2018, dan 2017 dibuktikan dengan ijazah. Bagi lulusan 2019  yang belum mendapatkan ijazah dapat dibuktikan dengan surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah yang telah dilegalisasi. Khusus pendaftar seleksi mandiri UNNES 2019 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kemenristekdikti. Informasi lengkap dapat dilihat di laman penerimaan.unnes.ac.id.

Cara Daftar Seleksi Mandiri UNNES 2019

Calon mahasiswa  membuka laman http://bit.ly/1ZULAxp. Tentukan skema seleksi mandiri UNNES 2019 dengan memilih Reguler atau Kelas Internasional. Bagi peserta Reguler dapat mengajukan permohonan pembiayaan Bidikmisi, Kelas Internasional tidak dapat mengajukan permohonan Bidikmisi.

Pilih kelompok program studi Saintek atau Soshum dan jenis ujian yaitu berbasis komputer (UBK) atau ujian berbasis cetak (UBC). Masukkan nomor peserta UTBK dan mengunggah sertifikat hasil UTBK bagi calon peserta yang pernah mengikuti tes UTBK. Langkah selanjutnya, mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran seleksi mandiri UNNES 2019.

Dengan menggunakan PIN pendaftaran, Anda dapat melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Pembayaran mulai tanggal 20 Mei hingga 17 Juli 2019. Bagi calon peserta yang mendaftar melalui pembiayaan Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bit.ly/1Q83LAo untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.

Setelah melakukan pembayaran biaya seleksi, login menggunakan username dan password pendaftar melalui laman http://bit.ly/1ZULAxp untuk mengisi form. Dan mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG, dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia. Terakhir, mencetak Kartu Tanda Peserta selambat-lambatnya tanggal 18 Juli 2019. Kartu Tanda Peserta dicetak di kertas A4 berwarna untuk peserta dan diserahkan ke pengawas pada saat ujian. Ujian akan dilakukan di UNNES Kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

Untuk informasi selengkapnya mengenai persyaratan, waktu, prodi yang dibuka, tata cara pendaftaran, dan ketentuan lainnya, silahkan  akses laman kami di http:// http://penerimaan.unnes.ac.id/ atau di laman i http://penerimaan.unnes.ac.id/seleksi-mandiri-mahasiswa-baru-program-sarjana-dan-diploma-iii-2019/


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment