Tuesday 7 May 2019

Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Mahasiswa Ikor FIK Observasi di TVKU

Untuk meningkatkan kemampuan di bidang juranalistik, 36 mahasiswa Jurusan Ilmu keolahragaan (Ikor) Universitas Negeri Semarang mengunjungi stasiun TVKU di   Kompleks Udinus Semarang.

Fatona Suraya MPd MA selaku pembimbing kegiatan sekaligus dosen  kuliah Jurnalistik Olahraga mengatakan, kunjungan ke TVKU bertujuan untuk mengobservasi salah satu jenis media elektronik dibidang penyiaran, kegiatan ini merupakan bagian dari perkuliahan Jurnalistik Olahraga. 

“Tujuan utama dari kegiatan observasi ini adalah mengenalkan secara langsung dunia jurnalistik dalam media Televisi kepada mahasiswa agar mereka memiliki wawasan dan pengalaman di bidang jurnalistik sehingga termotivasi untuk mendalami bidang tersebut. Pada kenyataannya dunia olahraga sangatlah erat dengan dunia jurnalistik. Hampir setiap stasiun Televisi memiliki tayangan olahraga, disitulah peluang bagi mahasiswa IKOR untuk dapat berkarya dibidang jurnalistik olahraga baik sebagai presenter, wartawan, maupun reporter,” kata Suraya.

Humas TVKU Udinus, Fitri Merdekawati  menyampaikan pemaparan terkait seluk beluk TVKU dari awal berdiri hingga saat ini. Fitri memaparkan secara rinci proses pembuatan berita mulai dari pra-produksi, proses produksi, sampai pascaproduksi.

“Untuk menjadi presenter, modal utama adalah mata, kita harus mampu membaca teleprompter dengan intonasi yang tepat dan pada waktu yang sama  mengexpresikan “eye contact” kita sesuai dengan tema berita; selanjutnya kita harus mempunyai “ciri khas” sebagai presenter, dan yang tidak kalah penting adalah ekspresi wajah harus sesuai saat membacakan berita,” Ujar Fitri.

Mahasiswa juga diajak berkeliling ke setiap ruangan yang menjadi bagian dari pembuatan dan penyiaran berita  di TVKU. Mahasiswa berkesempatan untuk praktik dan berlatih menjadi presenter berita olahraga.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment