Tuesday 8 December 2020

DWP UNNES Selenggarakan Webinar Wanita Produktif di Lahan Perkarangan Dengan Holikultural

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) yang mengangkat tema Wanita Produktif di lahan Perkarangan Dengan Holikultural, Selasa (8/12) dengan narasumber Kepala UPT Konservasi UNNES Prof Dr Amin Retnongsih Msi.

Ketua DWP UNNES Dr Barokah Isdaryanti SPd MPd dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati dalam rangka menyambut HUT Dharma Wanita Persatuan UNNES ke-21.

Dr Barokah Isdaryanti menambahkan DWP UNNES terus berperan demi keberdayaan perempuan dan menjadi inspirasi sesama yang membanggakan bagi masyarakat.

“Jayalah Dharma Wanita Persatuan. Terulsah tulus berpean demi keberdayaan perempuan dan menjadi inspirasi sesama yang membangkan,” kata Ketua DWP UNNES.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyampaikan Peran DWP dalam pemberdayaan perempuan di era digital sebagai upaya untuk mendukung terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia.

Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini DWP mampu membina anggota dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan, meningkatkan kepedulian sosial dan kemajuan UNNES, membina mental dan spritual untuk menjadi istri ASN yang bertakwa pada Tuhan dan berbudi pekerti luhur melalui program pendidikan ekonomi sosial dan budaya.

Prof Dr Amin Retnoningsih MSi Kepala UPT Konservasi UNNES menyebutkan aksebilitas pada masa pandemi kemampuan rumah tangga memperoleh pangan yang dibutuhkan menurun sehingga berdampak pada ketidakpercayaan terhadap keamanan pangan, untuk itu diperlukan solusi yakni pemanfaatan lahan pekarangan dan potensi sumber daya lokal.

“Keluarga berupaya untuk meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan berbasis pada potensi sumber daya lokal, Selain itu, kita perlu memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit maupun luas melalui budidaya hortikultural. Pemanfataan pekarangan ini bisa berupa konsep Kawasan Rumah pangan Lestari (KPRL),” ucap Prof Amin.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment