Thursday 22 September 2016

PPs UNNES Penelitian di Melbourne Australia

Pengajaran bahasa Indonesia di Australia merupakan fenomena yang menarik. Sempat sangat berkembang di tahun 70-an, pengajaran bahasa Indonesia di Australia mengalami penurunan yang signifikan di tahun 2000-an. Fenomena ini diselidiki melalui dua sudut pandang penelitian oleh peneliti dari Pascasarjana UNNES. Prof. Achmad Slamet, Prof. Wakhyu dan Prof. Trijoko Raharjo melihat fenomena ini dari sudut pandang manajemen pendidikan sedangkan tim yang diketuai Prof. Rustono melihat dari sudut pandang bahasa dan politik bahasa.

Tim dari Pascasarjana UNNES mengambil langsung data melalui wawancara dengan pihak-pihak terkait di Australia, utamanya di Monash University, Melbourne. Hasil sementara penelitian menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Indonesia di Australia dipengaruhi oleh: popularitas budaya Indonesia di Australia, popularitas budaya Amerika, Jepang dan Cina di Australia dan hubungan politik Indonesia-Australia. Jika Indonesia ingin menguatkan pengaruh bahasa Indonesia di Australia maka harus ada upaya intervensi terhadap citra Indonesia di mata masyarakat Australia.

Direktur Pascasarjana UNNES, Prof. Achmad Slamet, menyampaikan bahwa UNNES selalu memprioritaskan penelitian yang memiliki manfaat bagi Indonesia. Beliau yakin bahwa penelitian seperti ini dapat memperkuat citra bangsa dan persahabatan antarnegara.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment