Monday 11 May 2015

Tak Lulus SNMPTN? Masih ada SBMPTN

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 sudah diumumkan, Sabtu, 9 Mei. Mereka yang lulus kini bersiap mendaftar ke kampus masing-masing.

Bagaimana dengan yang tidak lulus?

Tidak usah gusar, masih banyak jalur masuk PTN yang bisa diikuti. Jadwal terdekat adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015.

Menurut Kepala UPT Pusat Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Drs Bambang MPd. SBMPTN juga merupakan seleksi nasional. Jika SNMPTN mendasarkan seleksi pada nilai rapor dan prestasi lainnya, maka SBMPTN menentukan kelulusan siswa berdasarkan hasil ujian tulis dan uji keterampilan untuk program studi seni/olah raga.

“Peserta seleksi ini adalah lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2013, 2014, dan 2015, “ungkap Kepala Humas yang juga instruktur senam nasional itu.

Bambang mengimbuhkan, tahun ini Unnes menyediakan total kuota 6.160 kursi bagi mahasiswa baru. “Selain melalui SBMPTN, 3.049 kursi kami siapkan untuk calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan 1.280 di jalur mandiri. Biaya pendaftarannya masih sama dengan tahun lalu, yakni hanya Rp100 ribu karena adanya subsidi dari pemerintah,” paparnyanya.

Sekedar mengingatkan, pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada 11-29 Mei dengan sistem online. Pada 9 Juni diadakan ujian tertulis serta 10-11 Juni adalah jadwal ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang mengambil jurusan seni dan olahraga.

“Setelah sebulan dari masa ujian tulis dan keterampilan, hasil seleksi akan diumumkan tepatnya pada 9 Juli pukul 17.00 WIB. Jadi, jangan lupa cek laman SBMPTN di http//www.sbmptn.or.id. untuk mengetahui hasilnya, “ pungkas Bambang.



from Universitas Negeri Semarang » Languages » Bahasa Indonesia http://ift.tt/1PB4wfn
via IFTTT

No comments:

Post a Comment