Wednesday 24 June 2020

Webinar LP2M UNNES Strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan kegiatan Web Seminar (Webinar) dengan Nara Sumber Prof Dr Eng Ir Arief Budiman MS IPU Wakil Kepala Pusat Studi Energi UGM dan Dr Megawati Simanjuntak SP MSi Dosen FEMA IPB University melalui Aplikasi Virtual Zoom Meeting dan disiarkan langsung Chanel YouTube LPPM UNNES, Rabu (24/06) Pagi.

Kepala LPPM UNNES Dr Suwito Eko Pramono menyampaikan pada laporannya kegiatan ini diikuti 228 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Kegiatan Kali ini mengangkat tema Strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutanya menyampaikan UNNES sebagai PTN yang menjunjung nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki target Research University pada tahun 2020-2024 sebagai Universitas Inovasi Riset yang menjadikan SDM Unggul, Invensi Riset yang menjadikan LPTK Penggerak Inovasi, Alih Teknologi LPTK yang menjadikan Pusat Universitas Unggulan, Hilirisasi & Bisnis Riset menjadi LPTK Pusat Rujukan dan Science Techno Park (STP) bermuara LPTK Mendunia.

Lebih lanjut, Prof Fathur menyampaikan startegi Penelitian di Masa Pandemi Covid-19 dengan cara memilih konstruk penelitian yang memungkinkan diteliti secara daring , memilih jenis penelitian yang dapat dilakukan diatas meja, menggunakan metode pengumpulan data yang fleksibel dengan kondisi Covid-19 misalnya Wawancara dengan videocall atau telekonfrens, FGD diganti dengan Zoom meeting, survei formulit diganti dengan Google Form, dan mengubah latar penelitian like arah digital.

“Dalam masa pendemi Peneliti harus sehat, disiplin dalam melakukan protokol kesehatan, harus produktif dalam berkarya Tri Dharma tinggi,” kata Rektor UNNES.

Prof Ir Arif Budiman menyampaikan startegi Penelitian di bidang Sains dan Teknologi di masa Pandemi dengan cara melakukan reorientasi dari penelitian eksperimen menjadi simulasi yang hasilnya menjadi Paper, berdanai dengan situasi, dan Mengikuti SOP kerja di Lab di Masa New Normal.

Dr Megawati Simanjuntak SPM menyampaikan strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal untuk bidang Sosial Humaniora dengan cara penerapan online survey untuk mengumpulkan data dari responden, Focus Grup Discussion Online, Wawancara Mendalam Online, dan Metode Dikumentasi.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment