Tuesday 16 June 2020

Webinar FE, Tantangan Pendidikan Menghadapi New Normal

Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan  Webinar Nasional dengan tema “Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menghadapi New Normal” secara Daring dengan bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan dan Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia, Selasa 16/6

Webinar ini merupakan serangkaian kegiatan Dinamika Ekonomi Terpadu (DET) FE UNNES ke-14 yang dihadiri oleh Pimpinan Jurusan Pendidikan Ekonomi dan diikuti oleh tamu undangan dari berbagai kalangan mulai dari dosen, guru, mahasiswa dan masyarakat umum.

Webinar ini diawali sambutan dari Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Ahmad Nurkhin, SPd MSi kemudian dilanjutkan  sambutan dan pembukaan acara simbolis dibuka (secara daring) oleh Dekan FE UNNES, Drs Heri Yanto MBA PhD. Dekan FE mengapresiasi terselenggaranya kegiatan webinar ini dengan tema tantangan bidang pendidikan disaat menghadapi new normal.

Guru Besar Bidang Ekonomi sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Prof Indra Maipita MSi PhD menyampaikan materi berjudul “Tantangan Sumber Daya Pendidik Ekonomi dan Bisnis di Masa New Normal”. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Ketua Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI) sekaligus Koordinator OSN Bidang Ekonomi SMA, Drs Wiji Purwanta MPd dengan tema “Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Bisnis di Masa New Normal”. Moderator Webinar  Inaya Sari Melati, S Pd MPd, Dosen Fakultas Ekonomi UNNES.

“Adapun intisari materi yang telah disampaikan narasumber diantaranya adalah pendidik/guru harus siap dengan berbagai hal yang ada dalam menghadapi era new normal. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan upgrade pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran agar sesuai dengan kondisi diera sekarang serta mampu menyusun skala prioritas pembelajaran mana yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Bekal kemampuan berpikir kritis, kemampuan menyelesaikan masalah dan thinking out of the box juga harus dimiliki oleh pendidik terlebih dahulu kemudian dapat disampaikan kepada peserta didik agar dapat beradaptasi diera new normal,” ujar Moderator.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment