Thursday 18 August 2016

PPL Internasional, 10 Mahasiswa Unnes Upacara Hari Kemerdekaan di Songkhla

Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES)  yang sedang melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional di Thailand mendapatkan kesempatan karena mereka diundang oleh KRI Songkhla untuk mengikuti upacara hari kemerdekaan Indonesia di gedung KRI di Songkhla Thailand.

Sepuluh mahasiwa tersebut adalah Prabawa Hari Putranto (PGPJSD FIK), Nur Maulida Hikmawati (PJKR FIK), Arya Arief Pambudi (Pend Teknik Mesin FT), Azti Widya Kasih (Akuntansi FE), Isnaeni Pangestika dan Farah Aeny (PLS FIP), Larasati dan M. Zuhrufi Maulana (Pend Biologi FMIPA), All Fine Loretha (PLS FIP), dan Nadia Calysta (Pend Geografi FIS). Mereka didampingi oleh Jam dari VSA Thailand dan Sigit Raharjo dari Dejavato Foundation.

Mereka mengikuti upacara bendera dengan hikmat bersama dengan tamu undangan dan puluhan WNI yang berada di Songkhla.

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kepala Konsul Triyogo Jatmiko. Upacara dimulai sekitar pukul 09.30 WIB dengan pengibaran Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Proklamasi, teks Pancasila dan UUD 1945. Upacara ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan paduan suara dari para mahasiswa Indonesia di Songklha dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Setelah upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan foto bersama Bapak Konsul serta pembagian doorprize dan hadiah pemenang lomba. Acara juga diisi dengan panggung hiburan dan makan siang bersama.

Kegiatan ini sangat berkesan bagi para mahasiswa karena merupakan pengalaman pertama bagi mereka dan kesempatan yang sangat langka karena bisa mengikuti upacara Hari Kemerdekaan di luar negeri, apalagi di Thailand sebagai negara yang tidak pernah dijajah dan tidak merasakan arti kemerdekaan.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment