Thursday 10 December 2015

Penyuluhan Bahaya Narkoba, Mahasiswa Unnes Gunakan Wayang Suluh

Untuk menyosialisasikan bahaya miras, narkotika, dan seks bebas, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggunakan media wayang suluh, Minggu (5/12).

Media itu digunakan oleh empat belas mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Acara yang digelar di Balai Pertemuan, RW 03, Dukuh Sidorejo, Kelurahan Tambangan itu menyita perhatian warga.

“Penyuluhan bahaya miras, narkotika, dan seks bebas ini merupakan salah satu program kerja kelompok KKN kami. Penyuluhan ini mengggunakan Wayang Suluh sebagai sarana penyampainya. Kebetulan anggota kelompok KKN kami, ada yang bisa men-dhalang,” ungkap Ketua Tim KKN, Kaniggia.

Mahasiswa yang didaulat mendalang adalah Agusta Prihantoro, mahasiswa bertubuh tambun yang menempuh studi pada semester tujuh di Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Unnes.

Pagelaran Wayang Suluh diadakan pada puncak acara selama satu jam. Antusiasme pengunjung nampak ketika pagelaran ini diadakan. Perhatian warga tersita karena Ki Dalang Agusta ternyata piawai memainkan adegan konyol melalui tokoh wayangnya. Ia misalnya memeragakan tokoh wayang yang sedang teler dengan sangat komedia. Tak pelak, tawa penonton pecah.

Mengenai pilihannya menggunakan wayang, Agusta mengaku terinspirasi banyak tokoh. Para dalang bisa menyampaikan pesan kebaikan melalui wayang yang dipentaskannya.

“Wayang Suluh sendiri sebenarnya sudah lama ada. Dahulu wayang ini digunakan, misalnya oleh Departemen Penerangan RI untuk menyosialisasikan program Keluarga Berencana (KB). Malah pada era yang lebih lampau, digunakan untuk menggelarkan cerita-cerita perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia,” ungkap Agusta.

Pagelaran Wayang Suluh dikonsepkan tak jauh berbeda dengan Wayang Kulit Purwa. Hanya intensitas unsur-unsur tertentu seperti dalam pagelaran Wayang Kulit Purwa, dikurangi dan diambil secukupnya. Misalnya tidak digunakan pathetan dan sulukan sehingga iringan yang digunakan pun relatif lebih sederhana, yakni menggunakan repertoar gending rekaman.

Kelengkapan panggung yang digunakan adalah keprak (bunyi-bunyian pengiring gerakan dan sebagainya, dalam pertunjukan wayang [dibuat dari keping kayu dan logam]), blencong (lampu penerang layar), kelir (layar putih), debog (batang pisang), kothakan (peti tempat wayang), cempala (alat penabuh kotak peti sebagai tanda musik dimainkan dan diberhentikan), dan wayang.


from Universitas Negeri Semarang » Languages » Bahasa Indonesia

No comments:

Post a Comment