Wednesday 2 October 2019

UNNES Terjunkan 3113 Mahasiswa KKN Tahap 2 Tahun 2019

Sebanyak 3113 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengikuti pembekalan dan pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahap 2 Tahun 2019 di Auditorium kampus Sekaran Gunungpati, Selasa (1/10).

Dengan mengangkat tema Pengembangan dan Penguatan Desa melalui Pemberdayaan Masyarakat menuju Desa Mandiri, peserta akan mengikuti KKN selama 45 hari dan akan ditempatkan di 5 kabupaten, Pemalang, Pekalongan, Tegal, Batang, dan Temanggung. Sedangkan untuk KKN Alternatif, mahasiswa akan ditempatkan di kota dan kabupaten Semarang.

Ketua Tim Penasehat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Prof Dr Haryono Suyono MA PhD mengajak para mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan KKN, agar mampu merangsang motivasi, dan partisipasi masyarakat desa untuk maju dan mandiri.

“Masyarakat desa memiliki potensi yang besar untuk maju dan mandiri. Sumberdaya yang mereka miliki sangat banyak. Hanya saja mereka relatif belum paham, bagaimana cara mengolahnya agar bisa maksimal. Hal ini menjadi tantangan bagi para mahasiswa KKN untuk dapat memberdayakan masyarakat dan potensi desa”, katanya. 

Sementara itu, Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum mengatakan, Mahasiswa KKN Unnes diharapkan mampu memberi dampak positif di masing-masing lokasi penempatan. Kenali masalah serta potensi desa. Terapkan keilmuan yang selama ini didapat, untuk membantu masyarakat. 
“Para mahasiswa harus datang tampak muka, pulang tampang punggung. Artinya, apa yang dilakukan oleh mahasiswa, dapat dirasakan manfaat serta hasilnya. Datang dengan baik, pulang pun harus bisa memberikan pengaruh positif kepada masyarakat desa,” kata Prof Fathur.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment