Wednesday 2 October 2019

Sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional, Universitas Negeri Semarang (UNNES) terus berupaya menggalakkan program tentang kepedulian lingkungan bagi seluruh sivitas akademika di UNNES, salah satunya tentang pengurangan sampah plastik.

UNNES bekerja sama dengan Harian Suara Merdeka, menggelar ’Ngopi Bareng’ di Gedung Smart Library Rumah Ilmu, Rabu (2/10). ‘Ngopi Bareng’ merupakan program dari Suara Merdeka, yaitu menggelar diskusi bersama pakar di berbagai tempat dengan konsep diskusi apa saja dengan membaca koran dan minum kopi gratis.

Ketua UPT Bangvasi Prof Dr Ir Amin Retnoningsih MSi dan Asep Purwo Yudi Utomo MPd menjadi pembicara dalam kegiatan ‘Ngopi Bareng’ ini. Menurut Prof Amin, limbah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan dan juga bagi kesehatan.

“Jauh sebelum 2019, UNNES sudah memperkenalkan tumbler air minum. Kita mengurangi sampah plastik dengan botol tumber dan menyediakan air minum galon di setiap kegiatan. Selain itu kita juga melarang penggunakan spanduk berbahan plastik, kita mengupyakan menggunakan LCD sebagai Background kegiatan”, katanya.

“Plastik itu sangat murah dan mudah didapat. Meskipun limbah plastik juga bisa dimanfaatkan, akan tetapi jumlah limbah plastik sudah melebihi kapasitas produksi, dan menjadi sampah yang berbahaya terhadap lingkungan dan kesehatan,” tambahnya.

“Seperti sungai misalnya yang tercemar dengan limbah platik, air sungai akan mengandung micro plastik, dan makhluk hidup yang ada di sungai juga akan mengandung micro plastik yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika di konsumsi,” katanya.

Sementara itu, ketua Smart Library Eko Handoyo mengatakan,Smart Library merupakan PErpustakaan yang baru di UNNES. Wajah perpustakaan kita ubah tidak hanya sebgai tempat keluar masuk buku saja, tapi smart library ini terdapat macam2 fasilitas seperti ruangan yang bisa dijadikan sebagai tempat aktivitas akademik, seperti diskusi mahasiswa, diskusi pakar dan juga tempat untuk tele conference.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, sampai dengan hari jumat 4 Oktober 2019. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan rumah sakit wiliam booth dengan membuka cek gula darah dan tensi darah gratis.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment