Tuesday 22 October 2019

FH Unnes Penelitian Perlindungan Pekerja Migran Di Korea Selatan

Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Korea Selatan memiliki jumlah yang luar biasa, tercatat dalam data pemerintah Indonesia baik di BNP2TKI maupun Kementerian Luar Negeri RI, terdapat 42.000 PMI yang ada di Korea Selatan. Memahami strategisnya peran mereka dalam sumbangsihnya terhadap pemasukan negara serta jumlahnya yang cukup banyak, tim peneliti dari Fakultas Hukum UNNES tertarik untuk mengetahui bagaimana kondisi PMI yang bekerja disana, dan tentunya perlindungan terhadap eksistensi mereka disana.

FH UNNES sendiri sudah dua tahun ini menjadi bagian dari pengiriman PMI ke Korea Selatan, bekerjasama dengan BNP2TKI, FH UNNES menjadi penyelenggara seleksi calon PMI. Terdapat ribuan orang ditiap proses seleksinya datang ke FH UNNES untuk mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian tahapan seleksi. Dan akhir oktober ini, seleksi periode berikutnya akan dilaksanakan kembali.

Dekan Fakultas Hukum UNNES Dr Rodiyah Spd Msi dalam pesannya saat melepas tim peneliti menyampaikan “sebagai bagian dari bangsa, kita harus memberikan sumbangsih sebesar-besarnya kepada bangsa, termasuk dalam mengawal keberadaan PMI di korea, keamanan, kesejahteraan, dan pelayanan yang mereka dapat harus sesuai dengan janji yang mereka dapatkan sebelum berangkat ke Korea dan menyesuaikan professionalitas yang mereja tunjukan” jelas Rodiyah mantap.

Tim peneliti yang terdiri dari Tri Sulistiyono, Dewi Sulistianingsih, Ratih Damayanti, dan Benny Sumardiana akan berada di korea untuk mengumpulkan berbagai data pendukung penelitian, antara lain Human Resources Department of Korea (HrDK), kemudian Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Korea Selatan, Perusahaan pengguna PMI, dan tidak hanya itu untuk menginisiasi peluang kerjasama institusi tim peneliti juga berkunjung ke beberapa kampus di Seoul, salah satunya adalah Seoul National University untuk membangun kerjasama dengan Law School disana demi kepentingan perkembangan akademik.

“Data yang didapatkan nantinya akan disusun dalam laporan penelitian yang akan dipublikasikan untuk masyarakat” ucap Tri Sulistiono.
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi PMI disana, harapannya dari penelitian ini, tim peneliti dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang kondisi PMI di Korea, serta hasil penelitian ini juga dapat menjadi masukan pada pemangku kebijakan untuk terus mengawal pekerja migran Indonesia di Korea.h7


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment