Friday 4 October 2019

Jurusan Pendidikan Ekonomi Sambangi Dua Universitas di Malaysia

Rombongan International Undergraduate Program (IUP) Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan kunjungan ke Saito University dan UiTm Puncak Alam Malaysia sebagai bagian kerjasama yang dirintis UNNES dengan beberapa universitas di Malaysia, Selasa (1/10).

Kegiatan IUP DEE dibagi menjadi dua sesi, untuk mahasiswa dan dosen Pendidikan Ekonomi. Workshop Pengembangan Design sederhana yang bertempat di Saito University diikuti oleh 58 mahasiwa program International Project Pendidikan Ekonomi.

Workshop yang digelar selama 4 hari ini menghadirkan Erick Lim dan Denish dari Business and Management International Colage, Saito University untuk memaparkan desain dan pemasaran produk sederhana. Pada sesi sharing, mahasiswa diajak berdiskusi mengenai beberapa produk unggulan dari Indonesia, terutama UNNES, dengan pemasaran dan design yang unik.


Pada saat yang sama, rombongan dosen yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi bertolak ke University Teknologi Mara UiTM Puncak Alam untuk pemaparan artikel penelitian sebagai tindak lanjut Join Research antar universitas. Pemaparan dan pemetaan potensi riset yang dapat dikerjakan bersama ini merupakan salah satu upaya UNNES untuk meningkatkan publikasi ilmiah.


Pihak UiTM berharap output diskusi penelitian antara dua universitas ini dapat menembus Jurnal Internasional bereputasi dan berimpact factor. Diskusi ini akan dilaksanakan kembali pada bulan November di Fakultas Ekonomi UNNES, dengan mendatangkan UiTM Puncak Alam Malaysia.


Selepas acara tersebut, rombongan bertolak ke Johor Baru untuk melanjutkan kegiatan fun teaching di Sekolah Menengah Islam At-Tahfidz, Johor Baru Malaysia. Kegiatan meliputi pengajaran singkat oleh mahasiswa Indonesia kepada siswa At-Tahfidz. Materi yang disampaikan terkait kebudayaan Indonesia, perilaku konsumen, dan kepemimpinan, serta dikemas dalam permainan-permainan menyenangkan.

Kedepannya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun di Jurusan Pendidikan Ekonomi UNNES. Dengan demikian reputasi UNNES di kancah internasional akan semakin meningkat.

NidaMR (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment