Friday 27 July 2018

Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI Kunjungi UPT Kearsipan UNNES

 

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kompetensi bidang kearsipan, Sekretariat Jenderal (Sekjen) dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat  Republik Indonesia (DPR RI) mengadakan kunjungan kerja ke UPT Kearsipan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Rombongan dipimpin oleh Sukma Winata SAP beranggotakan Yulya Nengsih SAP, Marsino, Noviyanti, Anung Nurwulan, dan Aprilia NuraeniSIIP diterima Koordinator UPT Layanan dan Sistem Kearsipan UNNES Agung Kuswantoro SPd MPd, Rabu (25/7) di rektorat kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Tujuan kunjungannya  untuk mengetahui pengelolaan arsip dinamis, mulai dari penciptaan hingga pemusnahan.

Kunjungan diawali dengan berdiskusi mengenai Sistem Persuratan Dinas (Siradi). Menurut Sukma Winata SAP bahwa UNNES sangat bagus sekali sudah memiliki layanan berupa persuratan  yang online. Sistem persuratan seperti ini bisa untuk ‘model’ sebagai bahan percontohan dalam menerapkan sistem informasi persuratan.

Setelah berdiskusi, rombongan diajak berkeliling untuk mengamati dan melihat secara langsung di depo kearsipan UNNES tentang pengolahan arsip inaktif mulai dari pemberkasan hingga pemusnahan bagi arsip yang  tidak memiliki guna informasi.

Agung mengatakan bahwa kunjungan ini sangat berguna bagi kedua pihak antara UNNES dengan Sekjen dan DPR RI, kita bisa saling belajar kearsipan dari segi sarana dan prasarana, serta sumber daya kearsipan.

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment