Tuesday 10 July 2018

Lagi, UNNES Laksanakan Program Magang Hibah Asuh Menuju Prodi Unggul

Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali dipercaya oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan pendampingan kepada tiga perguruan tinggi dalam Program Magang Hibah Asuh Menuju Program Studi (Prodi) Unggul, mulai Selasa-Kamis (10-12/7).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Badan Penjaminan Mutu (BPM) Gedung Prof Dr Retno Sriningsih Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) kampus Sekaran ini diikuti oleh tiga perguruan tinggi yakni Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (4 peserta), Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palembang (6 peserta) dan Universitas Pandanaran Semarang (4 orang).

Ketua BPM UNNES Agung Yulianto SPd MSi menjelaskan, program magang hibah asuh merupakan program Kemenristekdikti untuk menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu prodi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada perguruan tinggi yang dilaksanakan dengan program pengasuhan oleh perguruan tinggi unggulan.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait penjaminan mutu oranisasi & praktik, serta melakukan observasi dengan melihat secara langsung praktik penjaminan mutu di UNNES”ujar Dosen Fakultas Ekonomi tersebut.

Kegiatan hari pertama diawali dengan materi sistem penjaminan mutu di UNNES oleh Agung Yulianto SPd Msi, dilanjutkan materi sistem penjaminan mutu internal oleh Kepala Pusat Penjamin Mutu Internal (PPMI) Badingatus Solikhah SE Msi Akt CA dan Noorochmat Isdaryanto SS MSi. Materi ketiga terkait sistem penjaminan mutu eksternal diisi oleh Dra Diah Vitri Widayanti DEA dan Rahayu Fery Anitasari SH MKn.

Pada hari kedua materi penataan PD-Dikti serta praktik audit mutu internal diisi oleh Dony Hidayat Al-Janan ST MT PhD, Eram Tunggul Pawenang SKM MKes, Badingatus Solikhah SE Msi Akt CA, Dra Diah Vitri Widayanti DEA, Noorochmat Isdaryanto SS Msi dan Rahayu Fery Anitasari SH MKn. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Prodi Pendidikan Biologi UNNES.

Hari ketiga materi sistem informasi pendukung penjaminan mutu oleh Mona Subagja SPd dari UPT TIK dilanjutkan materi pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UNNES oleh Ketua LP2M Dr Suwito Eko Pramono MPd. Diskusi yang dibimbing oleh Luthfi Fathan Dahriyanto SPsi MA menjadi penutup rangkaian kegiatan.

Setelah mengikuti program ini, diharapkan para peserta mendapatkan gambaran yang jelas terkait penjaminan mutu, sehingga dapat diterapkan ke dalam penjaminan mutu di perguruan tinggi masing-masing.

 

NidaMR (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment