Wednesday 30 September 2020

Rektor UNNES Menjadi Pembicara Dalam FGD POLDA JATENG dan LEMHANAS

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020 menjadi momentum bersama anak bangsa bahwa Pancasila sebagai ideologi negara telah ditempa sedemikian kuat dari waktu ke waktu sehingga tetap kokoh dan relevan walau dinamika kebangsaan selalu ada.

Menghadapi tantangan Global yang semakin meningkat Polda Jateng bersama Lemhanas RI mengundang Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dan Dekan Fakultas Hukum Unnes Dr Rodiyah Spd SH MSi menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion  dengan tema Mencari Bentuk Implementasi Nilai Nilai Pancasila di Era Globalisasi, Ballroom Grand Candi Hotel,Rabu (30/9).

Prof Fathur dalam paparanya menyampaikan  kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia akan mengalamai tantangan yang semakin beragam dan komplek terutama di era Globalisasi. dinamika tantangan yang muncul seperti kompetisi yang ketat, pertumbuhan ekonomi, revolusi industri 4.0 dan masyarakat di era Civil Sosiety 5.0  menjadi ujian kedepan terhadap kekuatan nilai nilai Pancasila. Adanya pergeseran dan pengembangan  kebutuhan dasar  yang tidak semata mata kebutuhan primer, sekunder, tersier menjadi kebutuhan  akan wifi dan baterai (Komunikasi) menjadi indikasi kuat globalisasi dan era disrupsi imbuh Professor penghobi olahraga Tenis.

Hal senada disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi bahwa di era Globalisasi ini Kesaktian Pancasila akan diuji, banyak ideologi baru yang muncul dan mudah di akses oleh masyarakat, yang akan menimbulkan banyak pertanyaan. Salah satu nilai pancasila yaitu gotongroyong, nilai ini akan menjadi solusi ketika intoleransi dan radikalisme muncul di masyarakat, perbedaan yang mengarah pada permusuhan dan perpecahan bangsa negara jangan sampai menjadi bahan para teroris imbuhnya. acara yang dihadiri oleh Prof Dr Ir Reni Mayerni MP(Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI) Mayjen TNI Gunung Iskandar (Tenaga Pengkaji Bid Politik Lemhannas RI), Unsur Pejabat TNI,POLRI,Kejaksaan, Pemerintahan dan Akademisi.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment