Saturday 5 September 2020

Hijaukan Lingkungan, 8.532 Mahasiswa Baru UNNNES Tanam Pohon Serentak

Sebanyak 8.532 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan penanaman pohon serentak dari daerah masing-masing, Sabtu (5/9). Kegiatan yang disisipkan dalam Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) dilakukan agar mahasiswa memiliki kepedulian sejak dini dalam menjaga lingkungannya.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan, penanaman pohon adalah bagian dari bentuk pendidikan karakter agar mahasiswa memiliki kepedulian terhadap kelestarian.

Menurutnya, penanaman pohon oleh mahasiswa baru sudah dimulai sejak tahun 2010. Selain untuk tujuan pendidikan, penanaman pohon diharapkan berdampak langsung terhadap perbaikan kondisi lingkungan di daerah masing-masing.

“Kelestarian lingkungan adalah salah satu pilar kami sebagai universitas berwawasan konservasi. Selain konservasi lingkungan, pilar lainnya adalah konservasi seni dan budaya serta karakter,” katanya.

Menurut Fathur, mahasiswa UNNES harus memiliki kesadaran ekologis sejak dini. Mereka diharapkan jadi konservasi yang berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Pada tahun 2020 UNNES menerima mahasiswa melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri (SM). Mereka berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, tahun ini juga ada mahasiswa asing dari India, Kolombia, Turkmenistan, Pakistan, Gambia, dan Libya.

Seluruh mahasiswa baru dijadwlkan mengikuti kegiatan pengenalan kampus selama empat hari yaitu Sabtu-Minggu (5-6/9) dan Sabtu-Minggu (12-13/9).

Ketua Panitia PKKMB UNNES Dr Masrukhan menjelaskan, PKKMB dilakukan agar mahasiswa baru beradaptasi dengan cepat di perguruan tinggi.

Selain mendapatkan pengarahan seputar topik-topik kebangsaan, bela negara, selama PKKMB mereka juga diperkenalkan dengan aneka fasilitas pembelajaran daring UNNES yaitu Elena. Pasalnya, pada perkuliahan semester gasal ini pembelajaran masih dilaksanakan secara daring.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment