Thursday 24 September 2020

Fakultas Teknik UNNES Kembali Selenggarakan Engineering International Conference

Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menyelenggarakan Engineering International Conference (EIC) secara virtual pada Kamis (24/9).

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan kegiatan kali ke-9 yang dalam penyelenggaraannya diikuti oleh peserta dari berbagai negara seperti Hongkong, Selandia Baru, Taiwan, Malaysia, Brunei Darussalam, dan dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Dalam kegiatan bertema “Concept and Application of Green Technology” itu, Ketua Panitia Samsudin Anis ST MT PhD menjelaskan, IEC 2020 bertujuan untuk menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi hasil penelitian, gagasan, dan konsep dalam bidang green technology.

Dekan Fakultas Teknik Dr Nur Qudus ST MT IPM sebagai penanggungjawab kegiatan berharap, IEC 2020 mampu menjadi wadah inovasi dan invensi bagi kebaruan perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya di bidang green technology.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Pada kesempatan itu, Prof Fathur menyampaikan makalahnya yang berjudul “Green Technology: The Role of Information Technology in UNNES”.

“UNNES terus mendorong mahasiswa dan dosen untuk selalu berinovasi, berkarya, menuangkan ide dan gagasannya. Ide dan gagasan inilah yang harus memberikan dampak positif dan manfaat bagi masyarakat luas,” jelas Profesor Sosiolinguistik itu.

Tahun ini, EIC menghadirkan empat Keynote Speakers yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Mereka ialah Prof Thomas ST Ng (Department of Civil Engineering The University of Hong Kong) yang membawakan paper berjudul “Decarbonising the Construction Industry to meet the Challenges of Increasing Urbanization”, Dr Sanjay Mathrani (School of Food and Advance Technology Massey University) yang membawakan paper berjudul “Current Trends in Green Technology for a Sustainable Future”, Prof Dr Rizalman Mamat (Faculty of Mechanical Engineering Universiti Malaysia Pahang) yang menyampaikan tentang “Non-edible Sources biofuel for Internal Combustion Engines”, dan Dony Hidayat Al-Janan PhD (Department of Mechanical Engineering Universitas Negeri Semarang) yang memberikan paparan berjudul “Meta modelling and Optimization, Advancing and Application”.

Dalam konferensi yang diikuti oleh lebih dari 291 peserta dan 123 presenter itu, paper yang dipresentasikan akan dipublikasikan di jurnal dan prosiding internasional terindek scopus.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment