Wednesday 9 September 2020

Peringati Haornas 2020, Rektor UNNES: Tetap Aktif Bergerak, Agar Tetap Sehat

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan selamat Hari Olahraga Nasional atau Haornas tahun 2020 kepada para atlet, sivitas akademika UNNES, dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Ini merupakan momentum yang tak biasa bagi sejarah keolahragaan di Indonesia. Saat ini kita berada di tengah pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah. Meski demikian, kita tidak boleh menyerah dan putus asa. Mari dalam suasana Hari Olahraga Nasional tahun 2020 ini, kita ciptakan kebiasaan baru yang lebih positif, kebiasaan baru yang lebih produktif dengan membiasakan diri berolahraga secara teratur dan tetap menjaga kesehatan,” ajak Rektor.

Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) yang hobi bermain tenis itu menekankan pentingnya untuk tetap aktif bergerak agar tetap sehat.

Dalam nuansa Haornas 2020 yang jatuh pada Rabu 9 September 2020 itu, Prof Fathur berharap Haornas mampu menjadi momentum persatuan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga kembali.

Menurutnya, kebiasan berolahraga secara teratur akan mampu meminimalisasi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan kekuatan otot jantung dan menurunkan kadar tekanan darah sehingga berdampak baik bagi proses metabolisme tubuh.

Secara kelembagaan dilingkungan UNNES, kegiatan keolahragaan gencar digalakkan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (FIK UNNES). Fakultas ini tidak hanya mencetak mahasiswa unggul dan bereputasi internasional, tetapi juga memiliki kepedulian kepada masyarakat. Salah satu bentuk kepedulian ini diwujudkan melalui program FIK Goes to Public (FGTP).

Program FGTP bertujuan untuk mengedukasi masyarakat sekitar Kota Semarang tentang pentingnya berolahraga dan menjaga kesehatan. FGTP menyuguhkan pelbagai acara olahraga yang melibatkan masyarakat seperti senam aerobik, olahraga tradisional, dan olahraga masyarakat lainnya. Selain itu, FGTP juga memberikan pelayanan kesehatan gratis seperti sport massage, cek tensi, gula darah, kolesterol, dan konsultasi kesehatan. Setiap kegiatan FGTP melibatkan dosen dan mahasiswa yang berkompeten di bidang olahraga dan kesehatan.

Sejak Pandemi Covid-19, FGTP harus dihentikan sementara. Namun demikian, bukan berarti pengabdian FIK kepada masyarakat terhenti. FIK UNNES terus mengedukasi masyarakat melalui media sosial dan berbagai kegiatan seperti FGD dan Webinar berskala nasional dan internasional.

FIK UNNES memberikan edukasi tentang cara menyikapi pandemi dalam perspektif olahraga dan kesehatan. Olahraga yang teratur dan terukur dapat meningkatkan imunitas tubuh yang merupakan benteng pertahanan terkuat dalam melawan virus Covid-19.

Mari berolahraga dan menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan FGTP dapat kembali menyehatkan masyarakat Kota Semarang.

Selamat Hari Olahraga Nasional. Salam Olahraga. JAYA.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment