Saturday 29 October 2016

Dekan FBS Buka Pentas Wayang Gagrak Tegal Ki Enthus

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Seni, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) gelar Pentas Premiere Wayang Kulit Gaya Tegal dengan lakon Batara Kaladi Laboratorium Budaya dan Pusat Eduwisata kampus UNNES Sekaran Jumat (28/10).

Batara Kala merupakan tokoh wayang yang kelahirannya tidak diinginkan oleh dewa. Ketika Batara Kala lahir ke dunia, para dewa berupaya membunuhnya karena para dewa tahu, bahwa kelahiran Batara Kala akan membawa kerusakan dan kerusuhan di masyarakat.

Akan tetapi upaya yang dilakukan dewa gagal, hingga Batara Kala tumbuh besar dan menginginkan bertemu dengan Ayahnya, namun dicegah oleh Batara Bayu kakaknya yang tidak mengakui kelahiran Batara Kala.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof Dr Agus Nuryatin MHum mengatakan bahwa Pentas Wayang Gagrak Tegal tersebut merupakan salah satu usaha dari Ki Enthus Susmono dalam mengukuhkan gagrak yang selama ini sudah ada di daerah Tegal.

Pentas Premiere Wayang Kulit Gaya Tegal dihadiri para dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, dan masyarakat sekitar Kampus UNNES Sekaran.

 

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment