Tuesday 29 March 2016

Mahapala Unnes Rafting di Sungai Elo Magelang

Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Negeri Semarang (Mahapala Unnes) sebagai Mahasiswa Pencinta Alam tidak hanya bergerak di bidang kepencintaan alam saja, namun juga bergerak di bidang olahraga yang berkaitan dengan alam. Jumat dan Sabtu (25-26/03) Mahapala Unnes mengadakan latihan rafting di Sungai Elo, Magelang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan anggota Mahapala Unnes agar lebih berkualitas dalam berkegiatan arung jeram” ungkap Yulia Ayu Wulandari

Pelatihan meliputi latihan Skipper, River Running System, River Signal, Rescue, Read and Run dan Renang Jeram. Kesemuanya merupakan hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika berarung jeram sebagai safety procedur. Dalam berkegiatan apapun, safety procedure adalah hal pertama yang sangat penting.

Secara teknis latihan, ada dua pendamping sebagai pemateri dari anggota Mahapala sendiri. Hari pertama, latihan renang jeram dan simulasi penyelamatan korban di sungai (rescue), kemudian dilanjutkan pengarungan dari start sampai finish. Dan hari kedua, adalah pengarungan dengan jalur baru yang dari peserta sendiri belum pernah mencobanya.

Tidak tahu jeramnya seperti apa dan bagaimana keadaan sungainya. Para peserta mengambil jalur baru karena untuk menerapkan teknik Read and Run dan Scouting atau teknik membaca jalur, “Ini lebih menantang adrenalin, dan lebih seru pastinya,” Ungkpa salah satu pendamping. Annisa Widyawati


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment