Sunday 13 March 2016

Dua Jasa Besar Prof Wuryanto yang Perlu Diketahui Warga Unnes

Rektor pertama IKIP Semarang Prof Dr Wuryanto memiliki dua jasa besar yang patut diingat civitas acedemica Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pertama, sebagai rektor pertama ia berjasa menata kelembagaan IKIP Semarang. Kedua, ia menggagas dan merintis pendirian Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman MHum mengatakan hal itu saat memimpin ziarah kubur ke makam Prof Wuryanto di Astana Bibis Luhur, Surakarta, Minggu (13/3) tadi. Prof Fathur berharap generasi muda Unnes akan mengingat dua jasa besar Prof Wuryanto tersebut.

“Dulu nama IKIP Semarang pernah berganti, dari Kursus B, pernah jadi FKIP Undip, juga IKIP Jogjakarta cabang Semarang. Oleh Prof Wuryanto, nama itu dimapankan menjadi IKIP Negeri Semarang. Beliau juga melakukan penataan kelembagaan,” katanya.

Saat berdiri, kata Prof Fathur, IKIP Semarang memiliki lima fakultas. Prof Wuryanto menggagas pendirian fakultas baru yang kini dikenal sebagai Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Ziarah ke makam Prof Wuryanto dan makam leluhur Unnes lain telah menjadi tradisi keluarga besar Unnes setiap penyelenggaraan Dies Natalis . Selain sebagai ekspresi penghormtan, kegiatan itu digunakan untuk merekatkan keluarga besar Unnes dengan keluarga para leluhur Unnes.

Sebagaimana terlihat pada Minggu pagi tadi. Rombongan dari Unnes disambut baik oleh putra dan putri Prof Wuryanto. Kedua keluarga besar tersebut saling kenal, bahkan akrab.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment