Monday 7 March 2016

Ciri Golongan Orang Sukses dan Gagal

Mengapa banyak orang yang tertahan dan begitu sulit untuk meraih kesuksesan? Ada beberapa ciri golongan orang yang sukses dan gagal menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Totok Sumaryanto Florentinus MPd saat menjadi pembina apel pagi, Senin (7/3) di halaman rektorat kampus Sekaran Gunungpati.

Diantaranya adalah golongan orang yang sukses mudah memaafkan orang lain, sedangkan orang yang gagal senang menyimpan dendam.

Menurut Prof Totok, ciri golongan orang sukses lainnya yaitu menyadari kegagalan dari diri kita sendiri, sedangkan ciri orang gagal yaitu menyalahkan orang lain atas kegagalan dirinya sendiri.

Kemudian, orang sukses saat meraih kemenangan saling membantu dan mengajak orang lain. Orang gagal ketika meraih kemenangan malah menjauhkan diri dari orang lain.

Ketika menemukan masalah, orang sukses memberi kritikan dan solusi yang logis atas semua masalah, sedangkan orang gagal memberi kritik tanpa solusi dan cenderung menyudutkan.

Ciri orang sukses yang terakhir, kata Prof Totok, yakni selalu membicarakan ide-ide dan gagasan, sedangkan ciri orang gagal yakni membicarakan orang lain.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment