Wednesday 28 May 2014

Inilah 3 Sosok Di Balik Kesuksesan YouTube



Hampir  semua pengguna internet mengenal situs YouTube.  Semua elemen umur, mulai dari anak -anak, remaja orang tua sudah tak asing lagi akan situs berbagi video ini. Situs  yang dimiliki  -Google– ini telah menjadi salah satu situs yang sering dikunjungi. 

3 Serangkai Pendiri Youtube

Sebelum dibeli Google, YouTube adalah situs Kecil yang lahir di sebuah garasi. Tepatnya pada  14 Februari 2005, Tiga pemuda memulai pekerjaannya untuk membuat konsep sebuah web yang saat ini dikenal  oleh miliaran orang di dunia. Ketiga orang ini adalah Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim yang pertama kali bertemu saat menjadi karyawan di PayPal.

1 . Chad Hurley
Chad Hurley yang memiliki nama panjang Chad Meredith Hurley bermula sebagai seorang web desainer yang berkebangsaan Amerika Serikat . Sejak kecil, Chad memang telah menunjukkan bakat dan minatnya di dunia seni. Namun kemudian dia beralih untuk menekuni media elektronik dan komputer saat SMA.

2 . Steve Chen
Steven Shinh Chen yang akrab dipanggil Steve Chen lahir pada tanggal 18 Agustus 1978. Dilihat dari namanya saja, sudah terlihat bahwa pria ini berasal  dari keturunan Asia. Chen lahir dan tumbuh di daerah Taipei, Taiwan selama 15 Tahun kemudian mengikuti keluarganya untuk bermigrasi ke Amerika Serikat.

 3 . Jawed Karim
Orang terakhir yang menjadi pendiri YouTube adalah Jawed Karim . Pria keturunan bangladesh – Jerman ini lahir di Merseburg, Jerman Timur pada tanggal 28 Oktober 1979. Hanya setahun di Merseburg, Karim menyebrangi tembok Berlin untuk menetap di Neuss, Jerman Barat  pada  tahun 1980. Barulah saat dia berumur 13 Tahun, Karim dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat . Kepindahannya ke Amerika Serikat berselang dua tahun setelah penyatuan kembali Jerman ( Reunifikasi Jerman ) yakni pada tahun 1992.

Kisah Mendirikan YouTube

Sebagai karyawan pertama di Paypal, Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim bertemu dan menjadi  teman. Persahabatan pertama yang dijalin di anatara mereka dimulai dari Chad Hurley dan Steve Chen. Keduanya memiliki pandangan sama tentang cara membuat Bisnis yang berbasis Teknologi  dan  membuat keduanya semakin akrab. Ketika eBay membeli PayPal sebesar $ 1,54 Miliar, keduanya mendapatkan bonus yang besar berupa modal. Seakan menjadi jembatan penghubung bisnis yang telah mereka bicarakan, Chad Dan Chen sepakat untuk membangun sebuah perusahaan .setelah itu, keduanya berhenti  dari PayPal dan kemudian bekerja sementara waktu di Facebook sebagai senior engineer .

Kisah awal ide untuk  membuat situs berbagi video itu berawal dari sebuah kekesalan keduanya. Januari 2005, Steve Chen dan Chad Hurley bertemu dalam acara pesta makan malam di San Francisco. Setelah mengambil beberapa video, keduanya kesulitan untuk membagi video yang yang tersebut karena ukuran file yang terlalu besar. Mereka tidak bisa mengirimkan video tersebut melalui email karena mengetahui Karim yang tidak hadir dalam acara tersebut. Singkat cerita, akhirnya mereka bertiga memutuskan untuk membuat situs berbagi video youtube yang memudahkan penggunanya untuk mengunggah dan menonton video yang saat ini dikenal dengan nama Youtube.

Setelah berhasil melahirkan YouTube pada bulan berikutnya, beberapa cara pemasaran telah mereka lakukan seperti menyebarkannya lewat email. Berusaha mendekati pakar media massa untuk mempromosikan situs ini juga telah mereka lakukan. Namun ketika itu, ada yang belum tertarik dan alhasil mereka bertiga pun nampak frustasi. Kesuksesan akan keberhasilan situs yang telah diangan-angankan, tenggelam dan hilang .

Kesuksesan YouTube

Namun , perkembangan berkelanjutan yang selalu mereka lakukan tiap bulannya dengan pendanaan yang diberikan oleh Sequioa Capital senilai $ 11,5 juta antara November 2005 dan April 2006. Pertumbuhan situs ini dimulai pada bulan Juli 2006. Lebih dari 65.000 video yang diunggah yang terkait di masa mendatang masih berlangsung dan menerima 100 Juta kunjungan video per hari merupakan pencapaian pada bulan tersebut. Grafik pertumbuhan situs ini pun terus naik pada bulan-bulan selanjutnya. dan pada bulan Oktober 2006, Google , Inc.  resmi  membeli YouTube senilai $ 1,65 miliar dalam bentuk saham.

Chad Hurley yang menjabat CEO YouTube memperoleh 694.087 saham ditambah 41. 232 dalam bentuk trust mencapai lebih dari $ 345 Juta. Sedangkan Steven Chen memperoleh $ 326 Juta dari 625.366 lembar ditambah 68.721. karena pada saat itu Karim sudah tidak lagi di YouTube, sehingga dia hanya mendapatkan 137.443 lembar saham dengan nilai $ 64 Juta . Sequioa Capital yang menjadi penanam modal memperoleh 941.027 Yang bernilai $ 442 juta.

Untuk Bisa mengikuti Jejak mereka mendirikan situs sebesar Youtube mungkin memang sesuatu yang masih sangat jauh untuk  diraih, namun hal utama yang bisa dipelajari dari ketiga sekawan ini adalah bagaimana dedikasi mereka dalam mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan mereka
Sumber: ShopPedia.Com 

No comments:

Post a Comment