Wednesday 30 May 2018

Penulis Buku Harus Berbasis Kepakaran dan Kesadaran

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., membuka acara workshop penulisan buku MKU dan MKDK tahun 2018 yang diselenggarakan oleh LP3 UNNES pada tanggal 30 Mei 2018 di Hotel Grasia Semarang. Pada kesempatan tersebut, Rektor berpesan pada para penulis buku untuk mendasari penulisan dengan kepakaran dan kesadaran. Kepakaran ditunjukkan dengan luasnya dimensi pembahasan dan kedalaman materi penulis pada buku yang ditulis. Kesadaran diwakili dengan adanya kesadaran bahwa penulisan buku adalah proses kontemplasi hidup dan sekaligus ibadah. Tanpa adanya kesadaran tersebut maka penulis tidak akan merasakan hidup yang sesungguhnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Rustono, M.Hum, juga menyampaikan materi tentang penulisan buku ajar untuk para penulis. Prof. Rustono mengingatkan bahwa akurasi bahasa maupun akurasi logika harus dapat dipertanggungjawabkan. Buku yang mengandung terlalu banyak kesalahan akan mengurangi kenikmatan belajar para mahasiswa. Apabila mahasiswa tidak menikmati belajar maka intisari pembelajaran menjadi nihil.

Kegiatan ini diikuti oleh 38 penulis buku MKU dan MKDU di UNNES. Peserta sangat mengapresiasi pimpinan atas terselenggaranya kegiatan ini.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment