Friday 22 July 2016

Persiapan Kunci Sukses Melamar Kerja

Pusat Pengembangan Karir dan Bimbingan Konseling Universitas Neger Semarang (UNNES) mengadakan Pelatihan Persiapan Kerja di Gedung Dekanat Fakutas Bahasa dan Seni, Kamis (21/7).

Dengan mengangkat tema “Aku dan Karir D=0”, kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Head of Network Services BNI Kantor Wilayah Semarang M Harsono dan Lucia Trisni dosen Psikologi Universitas Khatolik Soegijapranata (Unika). Kegiatan ini diikuti 235 peserta yang teridiri dari calon wisudawan dan mahasiswa semester 5 sampai dengan semester 9.

M Harsono mengatakan pentingnya persiapan saat melamar kerja. “Persiapan adalah kunci sukses saat melamar kerja, terutama saat wawancara”, katanya.

“Perusahaan ingin melihat persiapan dan kemampuan anda saat melamar dan Ceritakan secara menarik tentang diri anda,” tambah Harsono.

Selain itu, Lucia mengungkapkan kunci bagi sarjana untuk berhasil menembus peluang kerja adalah memahami Sumber Daya Manusia (SDM) yang diinginkan oleh perusahaan. Pencari kerja ibarat barang, sedangkan perusahaan adalah konsumen, “ perusahaan mencari barang yang berkualitas, yakni tenaga kerja yang sehat, berwawasan luas, profesional, bermotivasi tinggi, dan mampu menyesuaikan etika kerja,” katanya.

Setiap perusahaan, menurut Lucia dalam melakukan perekrutan selalu menekankan pada orang yang sudah memiliki sikap kreatif, fleksibel, memiliki berbagai keahlian, bisa bekerja sama.

“Selain itu, mereka juga mencari orang yang mempunyai keyakinan, memahami bisnis, berorientasi pada kualitas serta berorientasi pada pelanggan,” kata dosen yang juga praktisi ini.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment