Sunday 25 October 2015

Penguatan Kinerja Kearsipan, Unnes Sambangi UI dan ANRI

Dalam rangka penguatan pengelolaan kinerja kearsipan di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Bagian Umum dan Kepegawaian Unnes melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta, 22-23 Oktober 2015.

Drs Anwar Haryono MPd, Kepala Biro Umum dan Kepegawaian (BAUK) saat kunjungan di UI mengatakan dalam Stok Unnes yang baru saja turun, salah satu lembaga baru yang ada yakni Kantor Kearsipan. “Untuk itu kami ingin belajar dengan UI terkait pengelolaan kinerja dan manajemen kearsipan, agar mendapatkan pencerahan, dapat menerapkan kelola arsip agar tidak keliru,” ungkapnya.

Acara yang diikuti perwakilan dari berbagai unit kerja di Unnes, mendapat apresiasi dan respon positif dari Ir Anan Mirmani MIM Arc selaku Kepala Kantor Kearsipan UI.

“UI siap membantu menata kearsipan UNNES menjadi lebih baik, kami siap mendampingi UNNES jika diperlukan,” ujar Anan Mirmani.

Ia juga mengungkapkan, sampai saat ini UI masih dalam proses penataan kantor arsip. “Tahun 2000, konsep pengelolaan arsip dirintis oleh Fakultas Ilmu Budaya,” ujarnya.

Tahun 2004 mulai diimplementasikan, 2009 dilakukan pembentukan kantor arsip, 2011 dikembangkan sistem elektronik arsip (SEKAR UI), tahun 2012 berhasil menyabet ranking dua pengelolaan arsip perguruan tinggi se-Indonesia. “Mudah-mudahan dengan kunjungan ke lapangan bagaimana kondisi arsip yang ada di UI, tim dari Unnes bisa mengadopsi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pengelolaan arsip,” pungkasnya.

Kemudian, untuk lebih menguatkan kinerja manajemen arsip, Tim Unnes juga akan berkunjung ke Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jumat (23/10).

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment