Monday 5 October 2015

Di Unnes, Enam Mahasiswa Asing Tuntaskan Jurus Pencak Silat

Meski kurang luwes, enam mahasiswa asing tuntas menyajikan jurus pencak silat dan tari gambang semarang yang dipentaskan di beranda Auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kampus Sekaran, Senin (5/10).

Para penari itu adalah mahasiswa VIA University Cillage Denmark yang mengikuti perkuliahan di Unnes melalui program Summer Course on Sport and Socio-Culture 2015, mereka adalah Lea Falkenberg Andersen, Malene Staunstrup Jeppesen, Line R Mogensen, Tina Jorgensen, Sophie Amalie Munch dan Alexander Skovbogaard.

Menurut Ketua International Office Unnes Intan Permata Hapsari MPd menuturkan, kegiatan ini menutup serangkaian kegiatan Summer Course on Sport and Socio-Culture 2015. Di Unnes mereka telah banyak belajar tentang budaya, “selain itu, mereka juga diajak berkunjung ke beberapa tempat wisata, diantaranya Karimunjawa dan Bali,” katanya.

Saat menutup acara, Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Rustono mengungkapkan, program ini merupakan bentuk penguatan lembaga dan implementasi dari visi Unnes untuk go International. Melalui program ini, secara internal dapat memromosikan Unnes dan mengenalkan Indonesia ke generasi muda di seluruh dunia.

“ Melalui kegiatan ini diharapkan Unnes secara khusus dan Indonesia pada umumnya semakin dikenal di luar negeri,” kata Prof Rus yang juga ketua Dewan Kesenian Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Bintang Hanggoro Putro MHum mengaku tidak sulit melatih tari mahasiswa Denmark ini. “Mereka memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar sehingga memperlancar proses pembelajaran. Meskipun mereka belum pernah mengetahui budaya Indonesia ’’ katanya.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment