Friday 21 December 2018

UNNES bertengger di Posisi 5 UI Green Metric

UI GreenMetric merupakan acara publikasi bergengsi tahunan peringkat universitas hijau di dunia yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia. Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus, Energi dan Perubahan Iklim, Pengelolaan Sampah, Penggunaan Air, Transportasi , dan Pendidikan.

Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2018 yaitu Belgia, Bulgaria, Costa Rica, Croasia, Malta. Di Indonesia, terdapat 66 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Tahun ini, terdapat 719 universitas dari 81 negara yang berpartisipasi dalam UI Greenmetric. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 dengan 619 universitas dari 76 negara yang berpartisipasi. Beberapa negara yang baru berpartisipasi tahun ini adalah Belgia, Bulgaria, Kosta Rika, Kroasia, dan Malta.

Ditingkat internasional posisi tertinggi ditempati oleh Wageningen University & Research – Netherland dengan skor 9125, posisi kedua University of Nottingham – UK dengan skor 8600, University of California Davis – USA skor 8575 berada di posisi ketiga.

Di tingkat nasional Universitas Negeri Semarang (UNNES) di tahun 2018 ini menempati posisi 5 dan 85 dunia dengan skor 6925 Setelah sebelumnya berada di posisi 4 dengan skor 5785 di tahun 2017.

Kepala UPT Pengembangan Konservasi, Prof Dr Ir Amin Retnoningsih MSi mengungkapkan, bahwa secara skor UNNES naik, namun da perguruan tinggi lain yang naiknya lebih tinggi melebihi UNNES dan menjadikan posisi UNNES bergeser.

Prof Amin nerharap, tahun 2019 UNNES akan terus mencoba untuk kembali menambah capaian skor terutama terkait dengan pengelolaan transportasi dan infrastruktur hijau. Mudah-mudahan tahun depan UNNES akan kembali menemposisi kemarin atau bahkan melesat penjadi posisi lebih baik, itupun harus diperkuat oleh komitmen pimpinan dan seluruh warga UNNES.

Terpisah, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, dengan hasil yang ada saat ini UNNES akan terus berbenah untuk menjadi yang terbaik. Selain penghijauan yang sudah kita lakukan saat ini kita juga akan berbenah pada sarana transpotasi kampus, pengelolaan limbah dan sampah, dan pendidikan karakter mahasiswa.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment