Saturday 1 December 2018

Ikuti International Students Summit 2018, Mahasiswa Internasional UNNES Raih Juara 2 Lomba Pidato Bahasa Daerah

Tiga Mahasiswa Internasional UNNES mengikuti International Students Summit 2018 di Universitas Negeri Malang pada Rabu hingga Jum’at (28-30/11).

International Student Summit (ISS) merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk mempertemukan semua mahasiswa internasional dari berbagai negara yang sedang menempuh studi mereka di Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri oleh 142 mahasiswa internasional dari 43 negara ini juga bertujuan sebagai forum bertukar pikiran tentang isu-isu penting dan solusi yang harus diambil oleh mahasiswa internasional di Indonesia.

Berpusat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, pelaksanaan hari pertama berlangsung dengan penuh antusisme dari peserta kegaiatan.

Dr Gatut Susanto MM MPd selaku Narasumber pada Welcoming Session berharap, peserta senantiasa belajar dan beradaptasi dengan kebudayaan di Indonesia.

“Pembelajaran kebudayaan dan pentingnya adaptasi merupakan kunci untuk hidup di Indonesia. Berkawanlah dengan warga lokal, baik itu di kampus maupun di tempat lain,” terang Direktur BIPA UM tersebut.

Tahun ini, ISS yang mengusung tema tentang Unity, Diversity, and Equality; mengadakan 3 jenis lomba yaitu  Poster Competition, Karaoke Competition, dan Local Language Speech Competition yang diikuti lebih dari 13 universitas di Indonesia.

Delegasi UNNES yang terdiri dari Valeria Grajales Ramirez (Kolombia – Darmasiswa Program) mengikuti Poster Competition, Mariah Rakotovao (Madagaskar – Darmasiswa Program) mengikuti Karaoke Competition, dan Nurtilek Kadyrov (Kyrgyztan – Pendidikan Bahasa Inggris 2015) yang mengikuti Local Language Speech Competition  berhasil tampil dengan sangat memuaskan.

Lomba yang berlangsung secara bersamaan itu berakhir dengan Gala Dinner pada malam harinya. Nurtilek Kadyrov yang membawakan pidato tentang keberagaman Indonesia, keluar sebagai Juara II Local Language Speech Competition dari keseluruhan 32 peserta yang bertanding.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu dilanjutkan dengan Rafting dan Bonding Peserta di Kasembon, Malang pada hari kedua serta closing ceremony pada hari ketiga.

Kardi Kurniawan (Staf Kerjasama dan Perencanaan UNNES)

 

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment