Thursday 12 March 2020

Mahapala UNNES Berhasil Petakan Jeram Di Sungai Comal Pemalang

Mahapala Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah selesai memetakan jeram sungai dilaksanakan pada tanggal 7-8 Maret 2020 yang terletak di Sungai Comal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan Praktik lapangan madya divisi Rafting dengan target utama untuk pemetaan jeram, penentuan jalur pengarungan dan pengamanan (rescue). Arung jeram atau rafting merupakan olahraga ekstrim yang memanfaatkan arus sungai untuk pengarungan dengan menggunakan teknik pendayungan. Untuk itu diperlukan latihan yang matang untuk persiapan kegiatan saat di lapangan.

Tim pemetaan sungai ini terdiri dari 13 orang anggota Mahapala UNNES, yang terdiri dari 9 orang peserta dan 4 orang asisten pendamping. Tim harus mengarungi sungai sejauh 3.25 kilometer untuk mendapatkan gambaran jeram. Hasil pengamatan nantinya akan menjadi data untuk masyarakat terutama operator dan wisatawan arung jeram di Kabupaten Pemalang. Selain itu, data yang telah diperoleh juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jalur perahu saat pengarungan dan langkah pengamanan (rescue).

Ketua pelaksana, Fadli mengatakan “kegiatan ini merupakan Praktik Lapangan Divisi Rafting Mahapala UNNES yang dilaksanakan setiap tahunnya. Selain untuk memetakan jeram, kegiatan ini merupakan syarat kenaikan jenjang pendidikan di Mahapala untuk menuju jenjang Madya. Harapannya setelah melaksanakan kegiatan ini, data yang didapatkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para penggiat wisata Arung Jeram,” Minggu, (8/3).


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment