Friday 29 December 2017

Barokah Isdaryanti Raih Doktor Kependidikan dengan Sangat Memuaskan

Hari ini, Kamis (28/12) menjadi hari membahagiakan bagi Barokah Isdaryanti SPd MPd yang merupakan Guru SMPN 13 Semarang.

Dia secara resmi meraih gelar Doktor Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Raihan gelar itu diperolehnya seusai berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian terbuka yang dilaksanakan di Gedung B Ruang 106 Pascasarjana UNNES, Kampus Kelud Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang.
Adapun disertasi yang diajukan dan diuji sebagai syarat memperoleh gelar Doktor Pendidikan itu adalah “Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran IPA Terintegrasi Pendidikan Karakter”.

Dan selaku tim penilai atau penguji dalam kesempatan itu adalah sebagai ketua Achmad Slamet, penguji I Prof Dr Widodo SE MSu, Penguji II Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd, Penguji III Dr Achmad Rifa’i RC MPd, Penguji IV Prof Dr Totok Sumaryanto MPd, Penguji V Prof Dr YL Sukestiyarno MS PhD, dan Penguji VI Prof Dr Maman Rahman MSc.

Barokah Isdaryanti menyampaikan, disertasi ini terwujud berkat bimbingan ilmiah yang sangat berharga dan motivasi luar biasa dari berbagai pihak, khususnya tim promotor yang telah membimbing hingga lulus dalam ujian terbuka promosi dokter pendidikan.

Menurutnya, ada beberapa catatan penting untuk ke depannya dapat mengintegrasikan pendidikan Karakter menjadi terintegrasi dan lebih terarah dan penilaian pendidikan karakter makin lebih sederhana, mudah sehin

Ia menambahkan, didalam bentuk penelitian evaluasi proses dan hasil belajar. Penelitian evaluasi itu dapat difokuskan pada bagaimana melaksanakan evaluasi di awal, selama proses, dan di akhir pembelajaran.

Maka dari itu, untuk mengatasi kesulitas guru dalam pengembangan model manajemen pembelajaran IPA terintegrasi pendidikan karakter dapat meminta bantuan guru lain dari pihak sekolah yang dikemas dalam model pendampingan yang didalamnya terdapat monitoring dan evaluasi dengan kemasan lesson study.

Ketua sidang Prof Dr Fathur Rokhman MHum menerangkan, Barokah Isdaryanti saat ini merupakan doktor ke 307 di Pascasarja UNNES atau ke 188 di Manajemen Kependidikan Pascasarjana UNNES. Dia meraih indeks prestasi komulatif (IPK) 4.0 sangat memuaskan.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment