Sunday 20 July 2014

Tips-Tips Buat Kalian Calon Mahasiswa Baru Agar Siap Menghadapi OSPEK


Widih... gak terasa udah mau penerimaan mahasiswa baru aja ya. Gimana -gimana? Udah siap dengan dunia perkuliahan kan. Bicara soal penerimaan mahasiswa baru, pasti pada ingat dengan yang namanya OSPEK. Yap. OSPEK, Orientasi Sesaat Pengenalan Kampus. Atau apalah sekarang istilahnya.

Nah, buat para calon-calon mahasiswa baru nih, gak usah takut ama yang namanya OSPEK. Mimin ada dibelakang kalian, dan selalu men-support kalian bagaimanapun caranya, termasuk melalui twitter dan web ini. *Uhuk* Makanya yang belum follow twitternya sekitarunnes.com, follow dulu deh.


OSPEK itu gak selalu dengan hal-hal yang menakutkan kok, di bentak-bentak apalagi, ah udah gak jaman keles. Malah gak jarang ada yang bisa menemukan pasangan sejatinya pada saat OSPEK, bisa jadi cinta sejati, cinta segitiga, cinta segiempat, cinta trapesium bahkan cinta jajaran genjang. *oke ini ngawur.


Yah walaupun begitu, kalian pasti udah ngebayangin OSPEK yang kejam dan gimana galaknya senior *manusiawi kok*.

Untuk itu mimin akan memberikan tips dan trik setidaknya bisa untuk meringankan beban mental dan psikologi kalian saat menghadapi OSPEK di kampus masing-masing.


1. Jangan jadi mahasiswa yang terlalu aktif dan pendiam.


Sebagai calon mahasiswa atau mahasiswi baru, kita harus bisa menempatkan diri pada posisi tersebut, sedang sedang aja.

Terkadang kalo terlalu aktif kamu bakal dikira mencari sensasi kaya si parhat amblas *eh

Jadi jadilah mahasiswa baru yang kalem sedang sedang saja lah. Dan yang terpenting posisikan diri kalian pada posisi mahasiswa baru, carilah informasi mengenai akademik dan non akademik sebanyak banyaknya. Dan jangan lupa carilah teman, teman itu penting untuk relasi kalian ke depan.

2. Ajak Ngobrol
Kalo ada kakak senior yang galak biasanya suka ngincer orang. Jadi kalau ada yang songong, sok cakep, sok cantik, dan sebagainya, biasanya bakalan jadi sasaran omelan.

Biar kamu nggak jadi sasarannya, coba ajakin ngobrol. Tapi, ngobrolinnya topik yang kekinian. Misal, ngomongin Pou.
“Kak, Pounya udah level berapa? Gue dong, udah level tinggi. Pounya udah berhijab.”

Jangan malah ngomongin kulit buah manggis. Jangan!

3. Nyamar

Hal pertama yang harus kalian cari tahu adalah; apa yang ditakuti oleh kakak kakak senior?

Karena dengan cara ini doang kalian bisa lolos dari senior-senior menyebalkan. Misal, dia takut sama Orang Utan, yaudah, kamu nyamar aja jadi Orang Utan.

Tapi karena itu terlalu ekstrim, nyamarnya jadi dosen aja. Di mana-mana kan dosen pasti dihormatin dan ditakutin. Siapa coba yang berani sama dosen?

4. Jadi Lebih Galak

Kalau Kakak-kakak Senior kalian galak, caranya biar lolos ya kalian harus jadi lebih galak dari mereka.
Misal, dia ngebentak kamu,

“Woy! Yang bener dong ngelakuinnya!”

Ya kamu bales, “APA?! NGGAK SUKA?” Sambil nyeret-nyeret pedang.

Nah itu tadi tips-tips buat kalian calon mahasiswa baru agar siap menghadapi OSPEK. Percayalah!

Persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk memasuki dunia perkuliahan, karena masa depan negeri ini ada ditangan kalian semua. *Bijak

No comments:

Post a Comment