Friday 25 June 2021

Mahasiswa UNNES Juara II Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 di Hotel MG Setos Semarang, Minggu (20/6).

Pada puncak acara Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 ini, mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) Ashanti Dayani Ajengpitaloka perwakilan Kota Semarang terpilih sebagai Pemenang II Duta Bahasa Jawa Tengah 2021.

Ashandi yang merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris itu menggagas sebuah media pembelajaran berbahasa Jawa berbasis teknologi.

“Saya membuat media pembelajaran aksara Jawa berbasis teknologi bagi anak-anak bernama Jejavaan. Program ini saya tujukan untuk anak didik sekolah dasar. Dengan memanfaatkan laman instagram dan website, saya berharap dapat memudahkan anak  didik SD untuk dapat memahami dan membedakan bentuk-bentuk aksara Jawa dengan mudah dan menyenangkan,”

Ashanti mengungkapkan dirinya cukup terkejut dan tidak percaya berhasil menduduki peringkat ke-2 dari 17 finalis yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah itu.

“Saya merasa semua finalis mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, baik dari segi wicara publik, kepribadian, bakat, dan lainnya. Saya berharap dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya, karena sebagai Duta saya  sudah seharusnya menjadi tauladan baik bagi sesama,” ungkap Ashanti.

Saya berharap, imbuhnya, pencapaian ini dapat menginspirasi pemuda-pemudi untuk berani keluar dari zona nyaman, karena selama ini salah satu penyebab kegagalan kita bukan karena kita ‘gagal’ dalam pelaksanaannya tapi gagal karena tidak berani mencoba.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment