Monday 4 August 2014

Webometrics Unnes Naik 6 Peringkat

Dalam daftar terbaru Webometrics, laman resmi Unnes mengalami kenaikan peringkat cukup signifikan, dari peringkat 19 ke peringkat 13. (Foto: tampilan website Unnes)
SEKITARUNNES.com, Semarang - Juli lalu, Webometrics mengeluarkan pemeringkatan ribuan website universitas dunia. Dalam daftar terbaru tersebut, laman resmi Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengalami kenaikan peringkat cukup signifikan.

Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman menjelaskan, dari peringkat 19 pada semester lalu, website Unnes kini berada di peringkat 13. Selain itu, akesibilitas terhadap publikasi internasional para dosen Unnes juga meningkat.

Fathur menilai, pencapaian ini merupakan indikasi makin baiknya kinerja akademik Unnes.  Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari upaya civitas akademika Unnes dalam meraih standar akademik internasional.

"Peringkat Webometrics melengkapi upaya lain yang kini tengah ditempuh Unnes, antara lain implementasi kurikulum internasional pada 10 program studi dan peningkatan akreditasi," tutur Fathur, seperti dinukil dari laman Unnes, Senin (4/8/2014).

Webometrics melakukan pemeringkatan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen website perguruan tinggi secara online dan real time. Pemeringkatan juga dimaksudkan untuk mengukur komitmen kampus dalam mempublikasikan karya ilmiah mereka di internet. Pada semester ini, laman resmi Universitas Gajah Mada (UGM) menempati posisi puncak Webometrics di Tanah Air. Kemudian, website Universitas Indonesia (UI) ada di peringkat kedua dan website Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat ketiga.

Dalam pemeringkatannya, Webometrics menggunakan empat indikator utama, yaitu Presence (20 persen), Impact (50 persen), Openness (15 persen) dan Excellence (15 persen). Presence menunjukkan jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Rangking parameter Presence Unnes berada pada 1.436.

Impact menunjukkan jumlah eksternal link yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) terindeks di mesin pencari yang tertangkap di Majestic SEO dan Ahref. Peringkat Unnes dalam parameter Impact adalah 1.069.

Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Unnes berada di peringkat 176 dalam Openness. Sedangkan parameter Excellence menunjukkan jumlah artikel ilmiah, publikasi dan sitasi perguruan tinggi di jurnal internasional yang terindeks di Schimago Institution Rangking dan Google Scholar. Excellence Rank Unnes adalah 5.442. (rfa)

Sumber : kampus.okezone.com

No comments:

Post a Comment