Monday 11 August 2014

Dosen Enggak Asyik, Harus Ngapain Nih?

Kadang, mahasiswa mendapatkan dosen enggak asyik dan harus bertahan dengannya selama satu semester. (Ilustrasi: dok. Okezone)
SEKITARUNNES.com - Semester baru, tentu semangat dan harapan juga baru, dong. Tapi bagaimana jika keseruan semester baru ini harus buyar karena kita mendapat dosen yang enggak asyik?

Bisa jadi, dosen ini enggak asyik karena terkenal killer atau pelit nilai. Bisa jadi juga, ketidakasyikan dosen ini karena cara mengajarnya membosankan, tidak menguasai bidangnya atau pilih kasih ke mahasiswa.

Gimana cara menyiasatinya, ya, supaya bisa "survive" di kelas si dosen dan tetap bisa meraih nilai bagus?

Tukar kelas

Mumpung masih awal semester, siapa tahu masih ada kesempatan untuk tukar jadwal kuliah. Biasanya, satu mata kuliah akan diampu beberapa dosen. Apalagi jika mahasiswa yang mengambil mata kuliah itu cukup banyak. Cari tahu prosedur ganti kelas ini ke bagian akademik kampus, ya!

Ikut kelas lain di mata kuliah yang sama
Kalau kamu sudah enggak bisa ganti dosen, cari tahu apakah kamu bisa mengikuti perkuliahan untuk mata kuliah tersebut yang diampu dosen lain. Biasanya, mata kuliah yang dibuka dalam beberapa kelas memiliki silabus yang sama; mulai dari buku teks yang digunakan, jadwal pembahasan materi, daftar bacaan yang harus dipenuhi hingga tugas-tugas yang harus dikumpulkan. Siapa tahu, dosen di kelas lain lebih cocok dengan gaya belajarmu.

Minta bantuan teman
Tenang aja, kamu enggak akan sendirian di kampus. Pasti ada saja mahasiswa yang juga menganggap si dosen enggak asyik. 

Cari tahu, siapa saja temanmu yang mengalami kesulitan serupa dan cari cara untuk saling membantu. Misalnya, dengan berdiskusi usai kuliah, membuat kelompok belajar atau berbagi catatan. Demikian dilansir About.com, Minggu (10/8/2014).

Tutor


Dosen enggak asyik bisa jadi sumber jeleknya nilai. Jika merasa kesulitan memahami materi pelajaran yang disampaikan si dosen, segera cari tutor. Enggak usah malu untuk mencari bantuan. Ini lebih baik ketimbang dapat nilai jelek dan enggak lulus di mata kuliah itu, kan?

Batalkan mata kuliah


Setiap mahasiswa punya pilihan untuk membatalkan mata kuliah yang sudah diambilnya. Perhatikan betul jadwal pengisian rencana studi dan semua deadline-nya, ya.  

Bicara dengan seseorang
Perlu diketahui, ada dosen yang memang tidak bisa mengajar dengan baik. Ada juga dosen yang sering berkata kasar dan pilih kasih terhadap mahasiswanya. Jika menurutmu ini yang terjadi, bicaralah dengan seseorang secepatnya. Kamu bisa curhat ke dosen pembimbing, dosen lain yang kamu percaya atau ketua jurusan. Siapa tahu, mereka bisa membantumu menangani masalah ini sesuai kebijakan kampus.

Pendekatan lain
Tarik napas dan luangkan waktu untuk melihat kemungkinan pendekatan lain untuk situasi ini. Apakah kamu terjebak dengan dosen yang pendapatnya selalu kontra dengan pendapatmu? Maka untuk pertemuan selanjutnya, kamu mengajukan keberatan dan memulai debat di kelas. Tentu saja, bekali dirimu dengan karya ilmiah hasil riset mendalam yang mendukung pernyataanmu.

Apakah kamu pikir sang dosen tidak memahami apa yang dia bicarakan? Tunjukkan keahlianmu dalam bidang itu dengan merujuk pada berbagai hasil penelitian.

Cari tahu apa yang bisa kamu lakukan, sekecil apa pun, untuk "berdamai" dengan dosen buruk, ya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan merasa memiliki kontrol terhadap situasi negatif tersebut. (rfa)

Sumber : http://kampus.okezone.com

1 comment:

  1. Mari jaga dan lestarikan alam kita demi masa depan anak cucu

    ReplyDelete