Friday 15 August 2014

Waduk Jatibarang, Obyek Wisata Baru Semarang


SEKITARUNNES.com - Setelah empat tahun masa pembangunan, Waduk Jatibarang Semarang akhirnya mulai dioperasikan, bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia 5 Mei 2014, waduk dengan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi ini mulai digenangi.
Waduk dengan daya tampung 20,4 juta meter kubik ini selain untuk mengatasi masalah banjir, juga diharapkan bisa menjadi satu destinasi wisata yang baru serta memunculkan ide-ide kreatif dari masyarakat, seperti pembuatan paket wisata, refreshing, dan lain lain. Di tengah tengah waduk ini masih terjaga Gua Kreo dengan kera kera yang ada, dengan dihubungkan jembatan penghubung.
Bangunan Utama Waduk Jatibarang

Gedung Pengendali Waduk Jatibarang


Kera goa kreo

Pemandangan Waduk Jatibarang

Pengunjung Waduk Jatibarang


Seremoni pengisian waduk dilaksanakan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dengan didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana Imam Santoso. Hadir pula Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi serta Mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Pengisian awal Waduk Jatibarang ini ditandai dengan penekanan tombol sirine serta diikuti dengan pentutupan pintu terowongan pengelak dan penandatanganan prasasti.

Peresmian Penggenangan Waduk Jatibarang
Seremoni Pengisian Waduk Jatibarang – Foto: @Humasjateng
Pengisian awal membutuhkan waktu enam hingga tujuh bulan untuk mencapai elevasi muka air normal 149,3 meter. Waduk Jatibarang dengan desain banjir 170 m3/detik serta dapat menambah pasokan air baku 1.050 liter/detik, dengan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro PLTMH 1,5 MW, serta untuk meningkatkan pariwisata kota Semarang.


Sumber : http://seputarsemarang.com

1 comment:

  1. sip kami siap mengantar harga mulai 175 rb info klik di www.lmjrentcar.com

    ReplyDelete