Thursday 7 August 2014

Minati CPNS? Coba Simulasi CAT Mulai 12 Agustus!

Mulai 12 Agustus, masyarakat bisa berlatih soal-soal tes CPNS melalui simulasi CAT online di laman Kementerian PAN-RB dan BKN. (Foto: dok. Setkab)
JAKARTA, SEKITARUNNES.com - Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini akan menggunakan metode computer assisted test (CAT). Melalui metode ini, peserta seleksi mengerjakan tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB) langsung di komputer, tidak lagi menggunakan berkas soal dan lembar jawaban komputer (LJK).

Dalam rangka sosialisasi CAT, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) pun menyelenggarakan roadshow ke enam kota di Indonesia. Namun, kini ada metode sosialisasi yang lebih efektif. Mulai 12 Agustus 2014, masyarakat bisa mencoba simulasi sistem CAT secara online. Simulasi ini bisa diakses di laman Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional.

(Baca: Seleksi CPNS 2014 Dibuka 11 Agustus)


Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman menjelaskan, selama ini, simulasi CAT di kegiatan roadshow tersebut selalu diserbu ribuan peminat. Karena hanya mampu menampung 2.000 peserta dalam sehari, sebagian besar peminat pun tidak tertampung.

"Dengan simulasi online ini, mereka tidak perlu repot-repot mengikuti rangkaian kegiatan roadshow simulasi tes CPNS dengan sistem CAT ke sejumlah daerah, atau mengunduh aplikasi CAT di sejumlah situs yang berbayar. Sebab simulasi tidak dipungut biaya," kata Herman seperti dikutip dari laman Kementerian PAN-RB, Rabu (6/8/2014).
 
(Baca: Ini Jadwal Seleksi CPNS 2014)


Herman mengimbuhkan, meski ada simulasi online, pihaknya akan tetap menggelar roadshow simulasi CAT di beberapa kota. Dalam waktu dekat, Kementerian PAN-RB berencana mengadakan simulasi di Banda Aceh, Maluku, Papua dan Tanjung Pinang.

"Namun jadwalnya masih dalam pembahasan," tuturnya. 

Direncanakan, peluncuran simulasi CAT online akan dilakukan bersamaan dengan sosialisasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan ini juga akan diisi dengan simulasi CAT dan diskusi bertema "Seleksi CPNS Bersih, Profesional dan Tanpa Korupsi (Berprestasi)".

(Baca: Daftar Instansi Pemerintah yang Buka Lowongan CPNS 2014)
(rfa)

Sumber: kampus.okezone.com

No comments:

Post a Comment